Seluruh Wilayah Kalteng Waspada Hujan Lebat, Banjir dan Longsor Berpotensi Terjadi Dalam Sepekan

Seluruh Wilayah Kalteng Waspada Hujan Lebat, Banjir dan Longsor Berpotensi Terjadi Dalam Sepekan


TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Berdasarkan prediksi dan prakiraan dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palangkaraya, akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, mengguyur seluruh wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng).

Di mana untuk sepekan kedepan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan terjadi di wilayah bagian barat, seperti Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Lamandau, Sukamara, Seruyan.

Sedangkan di bagian tengah seperti Kota Palangkaraya, Katingan, Gunung Mas, hingga Pulang Pisau.

“Berdasarkan prakiraan untuk seminggu ke depan hujan hampir di seluruh wilayah Kalteng,” ujar Prakirawan BMKG Palangkaraya, Reni Renata kepada Tribunkalteng.com, Jumat (18/11/2022).

Reni menjelaskan, tingginya intensitas hujan ini akan berlangsung saat ini di November 2022 hingga Januari 2023 mendatang.

Dengan puncak curah hujan akan terjadi di Desember, tentu saja akan sangat berpotensi terjadinya banjir hingga longsor di wilayah Kalteng ini.

“Tentu dengan intensitas curah hujan yang tinggi, pontesi terjadinya banjir dan tanah longsor berpotensi tinggi sekali,” terangnya.

Pihak BMKG pun akan mengeluarkan peringatan dini terkait perkembangan cuaca saat ini. Sehingga bisa diwaspadai sedini mungkin.

Serta bencana yang dapat terjadi mulai dari banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan lainnya.

Terpisah, Kepala BPBD Palangkaraya Emi Abriyani mengatakan, berdasarkan prediksi dari BMKG dan banjir yang melanda Kota Palangkaraya saat ini.

Maka patut untuk diwaspadai semua pihak, terutama warga yang tinggal di bantaran atau pinggir sungai.

“Karena ini bencana atau fenomena hindrometereologi cukup tinggi yang mengakibatkan banjir,” terangnya.

Melihat kondisi banjir yang semakin naik tiap harinya, diprediksikan banjir akan bertahan selama sepekan ke depan.

“Karena dengan curah hujan yang tinggi ditambah banjir kiriman maka prediksi banjir akan terjadi selama seminggu ini,” pungkas Emi Abriyani. (*)




Sumber: https://kalteng.tribunnews.com/2022/11/18/seluruh-wilayah-kalteng-waspada-hujan-lebat-banjir-dan-longsor-berpotensi-terjadi-dalam-sepekan

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID