Sebelum Berangkat, Jamaah Calon Haji Kotim Lakukan Tes Swab PCR

Sebelum Berangkat, Jamaah Calon Haji Kotim Lakukan Tes Swab PCR

SAMPIT – Jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Kotawaringin (Kotim) melakukan tes swab polymerase chain reaction (PCR) sebelum keberangkatan menuju embarkasi Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel), pada Kamis 16 Juni 2022. Tes ini dilakukan sebagai syarat yang harus dilengkapi, sesuai ketentuan dari Otoritas Arab Saudi.

“Hari ini kami melakukan tes swab PCR untuk JCH kita. Tes ini melibatkan petugas kesehatan dari Rumah Sakit Umum dr Murjani Sampit. Semuanya alhamdulillah bisa dilakukan hari ini,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kotim Sublianur, Kamis 16 Juni 2022.

Disebutnya, tes tersebut dilakukan terhadap seluruh JCH Kotim yang berjumlah 91 orang yang terdiri dari 51 laki-laki dan 40 perempuan. Hasil tes negatif sebagai salah satu syarat yang ditetapkan oleh Otoritas Arab Saudi agar dapat menjalani ibadah haji. 

“Ini bukan ketetapan dari Kemenag melainkan syarat dari Otoritas Arab Saudi, sebelum keberangkatan JCH diwajibkan tes dulu dengan hasil negatif,” sebutnya. Sementara Kepala Bidang Rekam Medik RSUD dr Murjani Sampit dr. Yulia mengungkapkan petugas medis yang dilibatkan untuk melakukan pemeriksaan tes swab PCR itu sebanyak 20 orang. 

“Hasil tes ini baru diketahui pada tanggal 17 juni 2022 nanti. Tapi dilihat dari JCH ini sepertinya tidak ada yang positif karena tidak ada terlihat adanya tanda-tanda terpapar Covid-19, seperti batuk ataupun panas,” ungkapnya. 

Diketahui keberangkatan JCH ke embarkasi Banjarmasin yang sebelumnya dijadwalkan pada Kamis 16 Juni pukul 16.00 WIB, diundur pada pukul 23.00 WIB karena adanya keterlambatan kedatangan pesawat di bandara embarkasi. 

(dev/matakalteng.com)


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2022/06/16/sebelum-berangkat-jamaah-calon-haji-kotim-lakukan-tes-swab-pcr

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID