Porkab tidak ada hadiah uang, ini penjelasan KONI Kotim – ANTARA News Kalimantan Tengah

Porkab tidak ada hadiah uang, ini penjelasan KONI Kotim – ANTARA News Kalimantan Tengah


Sampit (ANTARA) – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Ahyar Umar menegaskan, Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) memang tidak menyediakan hadiah uang bagi juara karena agenda atau event ini bukan turnamen terbuka. 

“Porkab ini termasuk multievent atau kegiatan yang terjadwal yakni empat tahun sekali. Tahapannya mulai pekan olahraga kecamatan, kabupaten, PON sampai olimpiade. Ini berbeda dengan open turnamen seperti bupati cup, gubernur cup, termasuk kejuaraan yang digelar pihak swasta. Kegiatan event tanpa hadiah uang, hanya medali,” kata Ahyar di Sampit, Jumat. 

Penegasan itu disampaikan Ahyar menanggapi beredarnya video seorang atlet peraih medali emas pada cabang olahraga catur Porkab dari Kecamatan Telawang yang memprotes karena hanya mendapat sertifikat dan medali, tanpa ada hadiah uang. 

Ahyar merasa perlu meluruskan sekaligus memberikan informasi yang benar kepada masyarakat agar tidak ada kesalahpahaman. Menurutnya, informasi ini juga perlu diketahui oleh masyarakat secara luas. 

Porkab maupun kegiatan multievent di tingkatan lainnya memang tidak menyediakan hadiah uang. Jika pun ada, biasanya bukan hadiah, tetapi berupa bonus yang diberikan oleh pihak lain atau kecamatan yang diwakilinya. 

Ahyar menegaskan, bonus biasanya diberikan kepada atlet yang mewakili daerah, seperti kontingen kecamatan yang berlaga di Porkab, kontingen kabupaten yang berlaga di Porprov atau kontingen provinsi yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional. 

“Berarti kecamatan yang bisa memberikan bonus atlet. Makanya dalam kegiatan multi event itu tidak pernah disebutkan jumlah total hadiah uang. Porkab tidak pernah ada hadiah uang,” ujar Ahyar. 

Dia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur telah memberikan dana pembinaan atlet di kecamatan. Dana itu diserahkan melalui KONI dan sudah disalurkan kepada Komite Olahraga Kecamatan (KOK) dengan besaran Rp25 juta untuk setiap kecamatan. 

}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));


Sumber: https://kalteng.antaranews.com/berita/567865/porkab-tidak-ada-hadiah-uang-ini-penjelasan-koni-kotim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID