Pemkab Kotim Komitmen Tingkatkan Sektor Pertanian

Pemkab Kotim Komitmen Tingkatkan Sektor Pertanian

Sampit, kalselpos.com -Pemkab Kotawaringin Timur (Kotim) terus berkomitmen meningkatkan sektor pertanian.

“Komitmen itu adalah
langkah nyata yang terus dilakukan dengan meningkatkan bantuan kepada petani,” ujar Bupati Kotim Halikinnor SH, MH
kepada awak media, Senin (13/6) di Sampit.

Puncak peringatan Hari Krida Pertanian ke-50 menjadi momen bagi Pemkab Kotim untuk terus meningkatkan bantuan di sektor pertanian.

“Sektor ini dinilai masih sangat menjanjikan di Kotim,” ujarnya.

Disebutkan, pada tahun 2021 lalu Pemkab Kotim melalui Dinas Pertanian sudah merealisasikan pengadaan tiga unit excavator untuk dimanfaatkan oleh para petani atau kelompok tani.

Dengan bantuan tersebut Halikinnor berharap bagi mereka yang bergelut di bidang usaha pertanian bisa sukses dan dapat memanfaatkan teknologi melalui alat excavator ini.

“Tahun 2022 ini Pemkab Kotim kembali menganggarkan pengadaan 12 unit ekskavator,” ungkapnya.

Semua itu terang Halikinnor adalah bentuk dukungan dan kepedulian Pemkab dalam rangka membantu petani atau kelompok tani semakin sukses sesuai dengan apa yang diinginkan.

Kabupaten Kotim dengan penduduk terbesar di Provinsi Kalimantan Tengah, yaitu sekitar 432.283 jiwa menurut angka sementara BPS Kotim tahun 2021.

Jumlah tersebut merupakan potensi sumber daya manusia sebagai tenaga kerja di bidang pertanian yang cukup besar dalam upaya peningkatan luas lahan dan luas tanam.

Sumber daya besar ini apabila ditopang dengan maksimal, memanfaatkan penerapan teknologi, inovasi dan mekanisasi, maka produksi pertanian akan optimal dan mimpi swasembada pangan akan menjadi kenyataan.

“Saya mengajak para petani atau kelompok tani dan para pelaku usaha tani serta masyarakat tani di Kotawaringin Timur ini untuk membangun rasa optimisme,” imbaunya.

Karena sektor pertanian menurut Halikinnor menjadi hal penting agar masyarakat terus berproduksi dalam tantangan dan situasi apapun.

Terlebih berbagai kebijakan program, kegiatan dan upaya-upaya lainnya telah pemerintah lakukan baik pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten dengan mengalokasikan bantuan-bantuan seperti bantuan benih, bibit, program padat karya, sanitasi stok dan harga pangan serta distribusi dan transportasi pangan.

Selain itu pemerintah menyiapkan bantuan untuk petani baik berupa kredit usaha rakyat (KUR) maupun asuransi tanaman pangan, asuransi ternak, dan lain-lainnya.

Halikinnor pun mengajak kepada masyarakat Kotim khususnya kaum milenial agar ikut terlibat dalam membangun pertanian yang maju, modern dan mandiri.

“Petani itu keren, bertani itu hebat. Kepada petani dan kelompok tani, mari kita tingkatkan usaha-usaha pertanian yang sudah ada ini. Saat ini kita sudah on the right track, jangan sampai berhenti,” pungkas Halikinnor.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com


Sumber: https://kalselpos.com/2022/06/14/pemkab-kotim-komitmen-tingkatkan-sektor-pertanian/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID