HKGN di Kotim, Dinkes Ajarkan Anak Terbiasa Makan Buah dan Gosok Gigi

HKGN di Kotim, Dinkes Ajarkan Anak Terbiasa Makan Buah dan Gosok Gigi

ILHAM/BERITA SAMPIT – Kepala Dinkes Kotim Umar Kaderi, saat membagikan pasta gigi pada para murid di halaman SDN 3 MB Hulu Sampit, Senin 12 September 2022.

SAMPIT – Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) menggelar pergerakan masyarakat memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) tahun 2022.

Peringatan diisi dengan makan buah dan gosok gigi bersama yang melibatkan murid di Sekolah Dasar Negeri 3 Mentawa Baru Hulu Sampit, Senin 12 September 2022.

“Peringatan HKGN ini serentak di seluruh Indonesia dan di Kabupaten Kotim dilaksanakan di wilayah 21 puskesmas di 17 Kecamatan,” kata Kepala Dinkes Kotim Umar Kaderi.

Dinkes Kotim bersama PDGI juga memberikan penyuluhan kepada pelajar terkait kesehatan gigi dan mulut. Ini bertujuan agar dapat mengkampanyekan kebiasaan makan buah segar kepada pelajar sebagai asupan vitamin.

Sedangkan sikat gigi bersama Umar menginginkan agar pelajar bisa menjaga kesehatan gigi dan mulutnya agar tidak mudah berlubang, rusak dan sakit.

Pada kesempatan itu, pelajar juga diingatkan agar menyikat gigi dua kali sehari serta tidak terlalu sering memakan makanan yang manis, karena hal tersebut akan cepat membuat gigi rusak dan berlubang.

“Nanti kalau sudah sakit gigi maka saat belajar akan terganggu karena tidak konsentrasi. Kemudian juga perlu memeriksakan gigi ke dokter,” imbuhnya.

Sementara itu, dijelaskan Umar proporsi kesehatan gigi dan mulut di Indonesia terbilang masih sangat tinggi. Berdasarkan riset kesehatan dasar (Riskesdas) masalah kesehatan gigi dan mulut sebesar 57,6 persen, artinya dari 100 orang, sebanyak 57-58 orang mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut.

Masalah terbesar kesehatan gigi adalah gigi rusak, berlubang, dan sakit mencapai 45,3 persen. Sedangkan mayoritas masalah terbesar kesehatan mulut adalah gusi bengkak atau keluar bisul sebesar 14 persen.

Faktor penyebabnya adalah jarang gosok gigi, sering makan makanan manis, merokok, stres, perubahan hormon dan riwayat penyakit kencing manis serta obat-obatan tertentu. (ilm)

(Visited 5 times, 5 visits today)




Sumber: https://beritasampit.co.id/2022/09/12/hkgn-di-kotim-dinkes-ajarkan-anak-terbiasa-makan-buah-dan-gosok-gigi/

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID