Warga Tionghoa Sampit Sambut Tahun Baru dengan Pernak-Pernik Kelinci 

Warga Tionghoa Sampit Sambut Tahun Baru dengan Pernak-Pernik Kelinci 

SAMPIT, radarsampit.com – Warga Tionghoa di Kota Sampit mulai bersiap merayakan Tahun Baru Imlek 2023/2574. Mereka  berburu pernak-pernik Imlek.

Salah satu warga Sampit Lia  mulai mencari pernak pernik Imlek untuk dipasang di rumahnya. “Kalau sekarang beli angpao dulu, sambil lihat-lihat pernak pernik yang lain, kalau cocok beli,” ujar wanita keturunan Tionghoa itu.

Lia menyebutkan, pernak-pernik Imlek biasanya dipasang bersama anggota keluarga lainnya sebelum tanggal 22 Januari 2023. Ketika makan malam bersama keluarga untuk menyambut Imlek atau Chinese New Year di rumahnya, telah siap dengan berbagai pernak-pernik yang didominasi warna merah dan emas.

“Pernak-pernik yang dibeli biasanya menyesuaikan dengan shio tahun ini, karena setiap tahun shio berganti. Tapi kami juga biasa menggunakan pernak-pernik lama yang ada di rumah, paling nambah sedikit yang baru,” sebutnya.

Mega, pemilik toko yang menjual pernak pernik Imlek di Jalan DI Panjaitan mengatakan, pernak-pernik seperti lampion, lilin, angpao, pohon sakura, hingga kue keranjang selalu menjadi produk yang diburu menjelang Imlek.  Imlek tahun ini merupakan tahun kelinci, tokonya didominasi pernak-pernik shio kelinci. Amplop bermotif tulisan China dengan gambar kelinci juga banyak dijual.

“Pernak-pernik dijual dengan harga bervariasi. Misalnya lampion dari ukuran yang paling kecil Rp 10 ribu sampai yang ukuran sedang Rp 80 ribu, lampion ukuran besar Rp 150 ribu – Rp 180 ribu. Kalau pohon sakura Rp 350 ribu – Rp 400 ribu,” ujarnya.

Tahun baru Imlek identik dengan bagi-bagi angpao. Tradisi ini membuat para pelanggannya banyak yang berburu kertas angpao bergambar kelinci. Mulai dari ukuran kecil hingga yang besar.

“Tergantung selera, ada yang cari angpao yang biasa saja, ada juga yang mencari dengan kualitas bagus. Harganya bervariasi mulai dari Rp 2.000 sampai Rp 10 ribu. Dulu isinya ada yang 12 lembar, kalau sekarang semuanya sama, isinya enam lembar,” tuturnya.




Sumber: https://www.radarsampit.com/berita/warga-tionghoa-sampit-sambut-tahun-baru-dengan-pernak-pernik-kelinci.html

Leave a Reply

Copyright © 2023 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID