Tingkatkan Kapasitas, Pengusaha Mikro Diajak Lengkapi Dengan Legalitas Usaha

Tingkatkan Kapasitas, Pengusaha Mikro Diajak Lengkapi Dengan Legalitas Usaha

MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Usaha mikro kecil menjadi salah satu sektor penting di Kabupaten Magelang. Banyak usaha mikro kecil di Kabupaten Magelang yang sudah berkembang. Agar tidak kalah bersaing, para pelaku usaha harus meningkatkan kapasitas, salah satunya dengan mengurus perizinan berusaha.

Perizinan berusaha yang sekarang dikenal dengan OSS RBA ini disampaikan oleh pemateri pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko. Kegiatan berlangsung di Aula Kecamatan Mungkid, yang diselenggrakan oleh DPMPTSP Kabupaten Magelang, Selasa (22/06/2022).

Camat Mungkid, Syihabidin Ashodiqi berpesan kepada peserta Bimtek yang belum memiliki izin agar segera mengurus izinya. Kepada DPMPTSP Kabupaten Magelang dia mengucapkan selamat datang di Kecamatan Mungkid dan terima kasih atas kegiatan tersebut. Serta dalam PP No. 5 tahun 2021 untuk bisa terapkan dalam usaha.

“Selanjutnya bagi yang sudah mempunyai izin kami ucapkan terima kasih. Bagi yang belum mempunyai izin kami harapkan untuk segera mendapatkan izin. Semoga kegiatan ini mendapatkan hasil yang maksimal bagi kita semua,” ucapnya.

Jika sebelumnya perizinan dilakukan manual, maka sekarang sudah berbasis teknologi informasi. Dengan adanya regulasi terkait dengan perizinan diharapkan bisa menuju peningkatan investasi baik dari usaha mikro kecil.

Narasumber dari DPMPTSP Kabupaten Magelang Miftakhurrochman menyampaikan, produk yang dikeluarkan oleh OSS RBA adalah NIB.

“Untuk mendaftarkan usahanya memerlukan NIK, namun saat ini satu NIK hanya bisa digunakan untuk 1 NIB saja,” kata Miftakhurrochman.

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Magelang, Gunawan, menambahkan bahwa NIB adalah awal pendataan. Karena NIB sudah dijalankan menggunakan sistem, maka usaha abal-abal tidak bisa mendapatkan NIB.

Narasumber OSS RBA dari DPMPTSP Kabupaten Magelang, Supriyadi menjelaskan bahwa NIB sangatlah penting. Ketika sudah mendapat izin usaha maka produk akan dilindungi oleh pemerintah.

NIB sendiri dapat diproses sendiri melalui website oss.go.id karena tanda tangan yang tertera adalah tanda tangan elektronik sehingga tidak memerlukan waktu untuk meminta tanda tangan.

“Jika mendirikan usaha harus memperhatikan lingkungan agar usaha berjalan dengan baik,” terangnya. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram “suarajelata.com News Update”, caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.




Sumber: https://suarajelata.com/2022/06/22/tingkatkan-kapasitas-pengusaha-mikro-diajak-lengkapi-dengan-legalitas-usaha/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID