Siap-siap!! Semua Pegawai di Kotim Dites Urine, Ini Sanksi Bangi yang Positif

Siap-siap!! Semua Pegawai di Kotim Dites Urine, Ini Sanksi Bangi yang Positif

SAMPIT – Perang terhadap peredaran dan pencegahan penyalahgunaan narkoba terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan sanksi tegas kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN), Tenaga Kontrak maupun PPPK yang terlibat narkoba.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotim Sanggul Lumban Gaol mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan Satresnarkoba Polres Kotim, Labkesda dan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kotim melaksanakan tes urine semua pegawai di daerah itu.

“Apabila nanti saat dilakukan tes urine ada ditemukan oknum ASN ataupun Tekon yang positif menggunakan narkoba, maka akan diberikan hukum disiplin,” tegas Sanggul Lumban Gaol, Rabu 22 Maret 2023.

Hasil tes urine lanjut Sanggul akan diserahkan ke Inspektorat Kabupaten untuk pemeriksaan lebih lanjut. Inspektorat yang akan menyampaikan permasalahan tersebut kepada Bupati.

“Yang penting sesuai dengan keinginan pak Bupati. Kalau misalnya ada pegawai yang positif menggunakan narkoba kita akan beri sanksi hukum disiplin yang tegas intinya begitu. Ini juga sebagai upaya agar instansi pemerintah kita bisa bersih dari narkoba,” bebernya.

“Jadi inspektorat lah yang nantinya akan mengkaji, memanggil serta menjatuhkan sanksi. Mereka juga yang akan menyampaikan kepada Bupati terkait sanksi apa yang diberikan terhadap yang bersangkutan,” tambahnya.

Untuk diketahui bahwa pada tahun 2023 sendiri Kesbangpol kali pertama melaksanakan tes urine, dan hal tersebut  direncanakan akan terus dilaksanakan sampai dengan akhir tahun. Hal itu sebagai upaya agar Kesbangpol bersih dari narkoba, karena memang Kesbangpol adalah contoh dari instansi yang lain masalah narkoba.

Pada tahun 2022 tambah Sanggul, pihaknya telah melakukan tes urine di beberapa Kecamatan, diantaranya Kecamatan Cempaga Hulu dan Kecamatan Parenggean.

Kecamatan Parenggean ditemukan 3 orang pegawai ASN yang terindikasi positif dan untuk di Kecamatan Cempaga Hulu terindikasi ada 6 orang yang positif saat dilakukan tes urine.

“Untuk yang positif tersebut masih terindikasi, karena memang sebelumnya yang bersangkutan juga ada meminum obat. Tentunya dalam pelaksanaan tes ini kita berharap ASN maupun Tekon Kabupaten Kotim jangan sampailah ada yang demikian walaupun tidak bisa dipungkiri yang terindikasi itu ada,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil tes yang menunjukan beberapa ASN terindikasi positif, langsung diserahkan kepada pihak Satnarkoba untuk dilakukan pemeriksaan dan penindaklanjutan.

(gus/matakalteng.com)


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2023/03/22/siap-siap-semua-pegawai-di-kotim-dites-urine-ini-sanksi-bangi-yang-positif

Leave a Reply

Copyright © 2023 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID