Bupati Resmikan PUSPAGA Bajenta dan UPTD PPA

Bupati Resmikan PUSPAGA Bajenta dan UPTD PPA

INTIMNEWS.COM, KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas meresmikan Pusat Pembelajaran keluarga (PUSPAGA) Banjeta sekaligus Unit Pelaksana Teknis Dinas Perlindungan perempuan dan anak (UPTD PPA) Kabupaten Katingan, Kamis 26 Januari 2023.

Sakariyas mengatakan, perkembangan kehidupan sosial masyarakat berdampak pada meningkatnya permassalahan yang menyangkut perempuan dan anak. Guna menekan dampak tersebut, kata dia, didirikannya puspaga dan UPTD PPA.

“Upaya yang dapat dilakukan pemerintah dalam pemenuhan hak dan perlindungan bagi anak dan perempuan diantaranya dengan memberikan pelayanan pembelajaran bagi kelurga serta penyediaan layanan perlindungan bagi perempuan dan anak korban kekerasan,” ungkap Bupati Sakariyas.

Layanan pembelajaran bagi keluarga tersebut, kata Sakariyas, direalisasikan dengan dibentuknya pusat pembelajaran keluarga pusat (PUSPAGA). Puspaga, kata dia, merupakan layanan kepada kelurga berbasis hak anak yang dilakukan tenaga profesional atau psikolog.

Sakariyas menambahkan, terkait penyediaan layanan perlindungan perempuan dan anak, perlu dibentuk unit pelaksana teknis dinas perlingan perempuan dan anak UPTD PPA. Unit kata dia, bertujuan agar kekerasan terhadap perempuan dan anak bisa ditangani maka

“Fungsi unit pelaksana teknis dinas perlindungan perempuan dan anak UPTD PPA adalah menyelenggarakan layanan pengaduan masyarakat terhadap kasus kekerasan perempuan dan anak, penampungan sementara, mediasi dan pendamping korban,” jelasnya.

Hal ini dapat disadari bersama optimalisasi peran Pemerintah dan sebagai wujud nyata pelaksaan program pemerintah dalam langkah mencapai pemenuhan hak anak dan perlindungan anak, terkhususnya bagi anak anak kabupaten Katingan.

“Kita berharap dengan berdirinya dua lembaga ini dapat meningkatkan kesadaran dan peran aktif kita bersama dalam mewujudkan,” tutupnya. (**)

Editor: Irga Fachreza


Sumber: https://www.intimnews.com/bupati-resmikan-puspaga-bajenta-dan-uptd-ppa/

Leave a Reply

Copyright © 2023 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID