7 Desa Terkaya di Indonesia, Ada yang Penduduknya Berpenghasilan Hingga Rp100 Juta per Bulan

7 Desa Terkaya di Indonesia, Ada yang Penduduknya Berpenghasilan Hingga Rp100 Juta per Bulan

JAKARTA, iNews.id – Deretan desa terkaya di Indonesia berikut ini memiliki pendapatan yang fantastis dan mencapai miliaran rupiah. Melalui program Presiden Joko Widodo berupa Transfer ke Daerah dan Desa (TKDD) sejumlah desa di Indonesia berhasil mengembangkan potensi di daerahnya secara maksimal.

Program ini berhasil mengubah desa berpendapatan rendah menjadi desa dengan pendapatan sangat tinggi.  Lantas, mana saja desa terkaya di Indonesia? Berikut ulasannya.

1. Desa Kutuh 

Desa Kutuh menjadi desa paling kaya di Indonesia dengan pendapatan mencapai Rp50 miliar. Desa yang berada di Kuta Selatan, Badung, Bali ini termasuk desa yang berhasil dalam mengembangkan potensi pariwisatanya dan menjadi desa percontohan.

Upaya pengembangan pariwisata di Desa Kutuh ini bahkan sudah dilakukan sejak 1998, jauh sebelum adanya kebijakan TKDD.
Wisata andalan Desa Kutuh seperti Pantai Pandawa, Gunung Payung Cultural Park, dan wisata lainnya yang menyuguhkan budaya di sana.

2. Desa Bendar 

Desa Bendar berlokasi di Kecamatan Juwana, Pati. Mayoritas penduduk Desa Bendar ini bekerja sebagai nelayan dengan penghasilan sekitar Rp80 juta hingga Rp100 juta per bulan. Maka tak heran jika saat mengunjungi desa ini, kamu akan melihat jejeran rumah-rumah mewah dengan pilar-pilar yang besar. 

3. Desa Teluk Meranti

Desa terkaya di Indonesia selanjutnya adalah Desa Meranti yang berada di Riau. Desa ini sangat populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara terutama oleh para peselancar.

Bagi peselancar baik lokal maupun internasional tentunya sudah tidak asing dengan Ombak Bono. Ombak Bono merupakan gelombang air yang terletak di Sungai Kampar, Riau. Bukan hanya ombaknya, desa ini juga memiliki objek wisata lainnya seperti kegiatan budaya.

4. Desa Ponggok

Desa Ponggok merupakan desa yang berada di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Sebelum masuk jajaran desa terkaya, Desa Ponggok dulunya hanyalah sebuah desa terpencil dengan pendapatan sebesar Rp80 juta per tahun. Namun sekarang pendapatan desa mencapai Rp14 miliar per tahun setelah berhasil mengembangkan potensi pariwisatanya.

5. Desa Kasongan

Desa kasongan dikenal sebagai sentra gerabah di Bantul. Gerabah Kasongan ini memiliki sejarah yang panjang dan diperkirakan sudah ada sejak abad ke-17. Gerabah Desa Kasongan ini bahkan kerap menjadi incaran wisatawan mancanegara.

6. Desa Waturaka

Desa Waturaka di NTT ini merupakan salah satu desa wisata populer, terutama bagi turis asing. Sebagai lokasi wisata, Desa Waturaka menawarkan ekowisata yang menarik.   Misalnya adalah Danau Kelimutu yang berada tak jauh dari Desa Waturaka. Desa Waturaka bahkan pernah dinobatkan sebagai desa wisata alam terbaik pada tahun 2017 lalu.

Editor : Komaruddin Bagja

Bagikan Artikel:










Sumber: https://www.inews.id/news/nasional/7-desa-terkaya-di-indonesia-ada-yang-penduduknya-berpenghasilan-hingga-rp100-juta-per-bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID