Tinjau Pembangunan Patung Tjiik Riwut, Sakariyas: Tahun Baru akan Kita Resmikan

Tinjau Pembangunan Patung Tjiik Riwut, Sakariyas: Tahun Baru akan Kita Resmikan

INTIMNEWS.COM, KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas menyebut akan meresmikan Patung Tjilik Riwut di malam pergantian tahun. Hal ini disampaikan saat meninjau pembangunan Patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut, di Bundaran Kompleks Perkantoran Bupati, Kamis 24 November 2022.

“Sebelumnya patung ini sempat roboh karena diterjang angin. Dan hari ini, patungnya sudah ada, dan mulai di bangun kembali,” ungkap Bupati Sakariyas.

Sakariyas mengatakan, alasan kembali dibangunnya patung ini sebagai bentuk penghormatan kepada Tjilik Riwut. Tjilik Riwut kata dia, merupakan satu-satunya pahlawan nasional yang berasal dari Bumi Penyang Hinje Simpei, yang juga gubernur pertama di Kalimantan Tengah.

“Kenapa kita bangun kembali, karena beliau ini merupakan pahlawan nasional satu-satunya dari Katingan, sehingga sebagai bentuk penghormatan, kita tetap bangun, apalagi beliau menjadi orang pertama kali sebagai gubernur Kalteng,” ujarnya.

Selain membangun kembali, Patung Tjilik Riwut nantinya akan dibuatkan relif. Relif ini kata dia, untuk pengunjung, khususnya generasi yang ada agar bisa melihat sejarah kehidupan Tjilik Riwut.

“Tingginya mencapai empat meter. Nanti akan ada reliefnya. Tujuan agar pengunjung bisa mengetahui sejarah kehidupan Tjilik Riwut, sehingga bisa memotivasi terutama bagi generasi yang ada,” pungkasnya. (**)

Editor: Irga Fachreza


Sumber: https://www.intimnews.com/tinjau-pembangunan-patung-tjiik-riwut-sakariyas-tahun-baru-akan-kita-resmikan/

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID