Pentingnya Belajar Bela Diri untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Pentingnya Belajar Bela Diri untuk Kesehatan Fisik dan Mental

SAMPIT, Kuala Pembuang – Pendidikan karakter ini bisa dibangun dengan sejumlah kegiatan ektrakulikuler (ekskul) dari sekolah, seperti kegiatan Pramuka, ekskul olahraga termasuk beladiri didalamnya, ekskul komputer, ekskul bahasa, dan ekskul musik, dan lainnya.

Seperti di SD Tunas Agro 1 ini, “Ekstrakulikuler di sekolah merupakan wadah sekaligus tempat bagi anakanak untuk mencurahkan dan mengembangkan minat dan bakatnya.” 

Ekstrakulikuler beladiri seperti Karate dan Silat, menurut Nopiar pelatih Karate ini, membantu pendidikan karakter untuk anak untuk bersikap sportif, jujur, bekerja sama, saling menghormati, sabar, kerja keras, percaya diri, mandiri, disiplin, dan patuh pada aturan-aturan yang telah ditetapkan. 

“Pendidikan karakter yang diharapkan tumbuh seiring anak berkegiatan ekskul adalah terbentuknya mental anak berjiwa kompetitor, disiplin, jujur, percaya diri dan tidak mudah putus asa dalam meraih cita,” tambah Slamet Hidayat,S.Or seorang pelatih Silat, dan guru olahraga , menandaskan seraya menuturkan Silat menjadi salah satu ekskul beladiri di SD Tunas Agro 1 selain Karate.

Olahraga tersebut memang memiliki banyak manfaat bagi anak, diantaranya meningkatkan kebugaran fisik, melatih ketangkasan, serta baik untuk kesehatan mentalnya. Namun, belajar bela mandiri bagi anak tentu tidak boleh sembarangan. Yang lebih utama, anak harus memahami bahwa bela diri bertujuan untuk melindungi diri sendiri, bukan menjadikannya jagoan yang lebih unggul dari anak-anak lainnya.




Sumber: https://www.borneonews.co.id//berita/282930-pentingnya-belajar-bela-diri-untuk-kesehatan-fisik-dan-mental

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID