Yayasan Baroqah Anggek Terpadu Berikan Materi Bermain Sains kepada Anak PAUD

Yayasan Baroqah Anggek Terpadu Berikan Materi Bermain Sains kepada Anak PAUD

IST/BERITA SAMPIT – Peserta didik PAUD Yayasan Baroqah Anggrek Terpadu saat bermain materi Sains.

SAMPIT – Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Yayasan Baroqah Anggrek Terpadu memberikan materi bermain sains kepada anak-anak. Materi itu diberikan oleh Guru bernama Syafira Nurulita.

Menurut guru tersebut Syafira, pengenalan sains pada anak usia dini bukan berarti belajar sains melainkan bagaimana menumbuhkan sifat kritis, keingintahuan, teliti, eksplorasi untuk mencari jawaban dan berpikir teratur melalui kegiatan-kegiatan eksperimen yang menyenangkan.

“Kegiatan eksperimen bukan untuk mengetahui benar atau salah suatu kejadian, melainkan juga yang lebih penting mengembangkan keterampilan dasar sehingga anak dapat belajar dan melakukan sesuatu yang akan menolong mereka memahami dunia dengan belajar yang menyenangkan dan melakukan kegiatan yang menakjubkan,” ungkapnya, Senin 21 November 2022.

Menurutnya, Sains ada pada kehidupan sehari-hari dan pengalaman sehari-hari kita, dirinya menjelaskan bahwa sains tidak hanya berupa kumpulan fakta atau pengetahuan mengenai dunia kita, tetapi juga ada proses mengamati, mencatat, menganalisis, menggabungkan dengan informasi lain, dan juga membuat kesimpulan.

“Sains merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang mencakup proses menemukan (inquiry), mencari fakta dan mendiskusikan untuk meningkatkan keterlibatan anak sehingga anak masuk pada tahap kemampuan yang lebih tinggi,” bebernya.

Guru yang masih berumur 22 tahun itu menuturkan bahwa bermain sains pada anak usia dini adalah salah satu kegiatan untuk mengembangkan aspek perkembangan, dan potensi yang dimiliki anak.

“Pembelajaran sains melatih kemampuan anak untuk mengenal berbagai gejala benda dan gejala peristiwa. Anak dilatih untuk melihat, meraba, membaur, merasakan, mendengar dan mengecap,” ucapnya.

Kata Syafira, semakin banyak keterlibatan indra dalam belajar, anak semakin memahami apa yang dipelajari. Sehingga Anak memperoleh pengetahuan baru dari hasil pengindraannya dengan berbagai benda yang ada di sekitarnya.

(Jmy)

(Visited 13 times, 13 visits today)




Sumber: https://beritasampit.co.id/2022/11/21/yayasan-baroqah-anggek-terpadu-berikan-materi-bermain-sains-kepada-anak-paud/

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID