Waspada!! Covid-19 Bermutasi, Kemungkinan Virus Baru ini Sudah Ada di Sampit

Waspada!! Covid-19 Bermutasi, Kemungkinan Virus Baru ini Sudah Ada di Sampit

SAMPIT – Belum lama ini virus D614G mutasi dari SARS-Cov-2 atau virus Korona (Covid-19) terdeteksi di Kalimantan Barat, dibawa oleh klaster keluarga yang datang dari Jakarta.

Bahkan menurut dr Yuendri Irawanto selaku Kepala Unit Golongan Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kotim, kemungkinan di Kotim juga sudah masuk virus baru tersebut.

“Kemungkinan virus baru yakni D614G sudah ada di sampit. Karena virus ini sudah mulai muncul sejak pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada),” ujarnya, Sabtu 2 Januari 2021.

Lanjutnya, virus varian baru ini memiliki gejala yang sama dengan SARS-Cov-2. Begitu juga dengan tingkat keparahannya, namun yang membedakannya yakni menyerang dan penularannya lebih cepat atau tingkat penyebarannya lebih tinggi.

“Virus baru ini menyerang lebih cepat, kalau gejalanya gejala umum saja yakni imun melemah, nafsu makan tidak ada. Dari gejala itu kita tidak bisa mendeteksi jenis virus karena gejalanya sama, bahkan beberapa orang yang kita tes banyak mengeluh tidak nafsu makan,” ungkap dr Yuendri.

Dikatakan Yuendri juga, sejak pelaksanaan Pilkada 2020 sudah ada yang mirip gejalanya. Namun tidak bisa di deteksi karena hampir sama. Kecuali ada pemeriksaan molekuler, dimana virusnya di dapatkan lalu diperiksa.

“Virusnya bisa didapat dari swab, kemudian diperiksa. Namun di Kotim belum ada pemeriksaan molekuler,” tegasnya. Menurutnya, antisipasi virus baru ini juga sama dengan virus lama. Yakni menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.

“Sampai saat ini jenis virus korona sudah ada beberapa varian di Indonesia. Sedangkan di Sampit sendiri kita tidak bisa mengetahui ada berapa varian karena tidak ada pemeriksaan molekuler, hanya pemeriksaan positif atau tidaknya,” beber dr Yuendri.

Diketahui, pada tanggal 30 Desember 2020 PMI Kotim memeriksa 68 orang dan dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 11 orang. Sedangkan pada tanggal 31 Desember 2020 PMI Kotim memeriksa 156 orang dan dinyatakan positif sebanyak 9 orang.

(dia/matakalteng.com)

The post Waspada!! Covid-19 Bermutasi, Kemungkinan Virus Baru ini Sudah Ada di Sampit appeared first on Mata Kalteng.

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID