Warga Laporkan Keberadaan Orangutan di Desa Batuah

Warga Laporkan Keberadaan Orangutan di Desa Batuah

SAMPIT, Sampit – Warga Desa Batuah, Kecamatan Seranau, melaporkan keberadaan seekor orangutan, Jumat, 13 Mei 2022. Orangutan tersebut bersarang di salah satu pohon di desa tersebut. 

Mendapat laporan itu, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, pun langsung mengobservasi ke lokasi kemunculan. 

“Kami menindaklanjuti laporan Idrus, salah seorang warga, pada hari Jum,at sekitar pukul 16.00 WIB, maka pada hari ini, mengobservasi lokasi kemunculan dan gangguan orangutan di desa itu,” ungkap Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Sabtu, 14 Mei 2022.

Dijelaskan Muriansyah, personel menyeberang dari Kota Sampit dengan menggunakan feri penyeberangan dan dilanjutkan sepeda motor menuju Desa Batuah.

Hasil observasi petugas orangutan berhasil ditemukan. Lokasi berada di tepi jalan desa,di kebun warga. Orangutan tersebut berjumlah 1 individu, dewasa, dan diperkirakan berjenis kelamin betina.

“Informasi warga orangutan sudah berada di lokasi 3 hari terlihat di lokasi tersebut. Orangutan merusak dan memakan tanaman buah, nangka dan nanas milik warga,” katanya. 

Berdasarkan pengakuan warga, orangutan tersebut sudah lama berada di wilayah Desa Batuah. Warga berharap orangutan segera di-rescue atau dipindahkan ke lokasi lain karena sangat meresahkan.(USAY NOR RAHMAD/B-6)




Sumber: https://www.borneonews.co.id//berita/263724-warga-laporkan-keberadaan-orangutan-di-desa-batuah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID