Warga Kasongan Temukan Buaya Berukuran 2 Meter Masuk Perangkap Ikan

Warga Kasongan Temukan Buaya Berukuran 2 Meter Masuk Perangkap Ikan

IST/BERITA SAMPIT – Pemilik Rengge Uces saat mengevakuasi buaya yang terliling di perangkap ikan miliknya di Sungai DAS Katingan.

KASONGAN – Seorang warga Kasongan Baru, Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan bernama Uces tak sengaja menemukan seekor buaya di sungai Tewang Rusau, tepatnya di dalam rengge ikan (alat tangkap/perangkap ikan) miliknya.

Penemuan seekor buaya dengan ukuran 2 meter lebih itu sontak membuat heboh warga Kasongan RT. 05, Kelurahan Kasongan Baru, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan

Penemuan buaya itu diketahui, saat dirinya hendak mengangkat rengge tangkapan ikan lais di di sungai DAS Katingan tersebut yang dipasangnya kemaren.

Pagi ini seperti biasa, ketika ia hendak memeriksa perangkap ikan miliknya, dia terkejut, perangkat ikan yang selalu diisi dengan ikan-ikan itu kini ada penghuni baru, ya, seekor buaya terperangkap disana.

“Iya benar, ini warga masih berkumpul melihat seekor buaya masuk rengge milik pak uces. Posisi sekarang buaya ada di pelabuhan speedbot milik pemda yang dulu masih disana diamankan warga,” ungkap salah satu warga bernama Budi. Rabu, 16 November 2022.

IST/BERITA SAMPIT – Warga Kasongan saat mengamankan buaya berwarna kuning di pelabuhan lama.

Dia mengungkapkan buaya berwarna kuning tersebut sementara waktu diamankan warga di pelabuhan, menunggu pihak BKSDA mengambil hewan reptil yang habitatnya sering di perairan tawar itu.

“Tadi sudah ditelpon pihak BKSDA agar cepat menangani buaya ini, padahal kemeren saya dengan teman sering mancing di daerah sungai itu, tidak taunya ada buaya,” ceritanya.

Penemuan buaya di Katingan sudah beberapa kali terjadi seperti di Desa Luwuk Kiri, Kecamatan Tasik Payawan, Kabupaten Katingan pada tanggal 23 Oktober 2021. Buaya berwarna kuning juga masuk ke dalam perangkap ikan milik warga setempat.

Hal serupa juga terjadi di tahun 2021 muncul buaya kuning berukuran panjangnya sekitar satu hingga satu setengah meter di anak Sungai Katingan, sekitar jembatan Desa Telangkah, Kecamatan Katingan Hilir.

Diketahui wilayah Katingan beberapa kali dilanda banjir, kondisi cuaca yang sering mendadak hujan mengakibatkan debit air sering meningkat.

(Kawit)

(Visited 457 times, 457 visits today)




Sumber: https://beritasampit.co.id/2022/11/16/warga-kasongan-temukan-buaya-berukuran-2-meter-masuk-perangkap-ikan/

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID