Wabup Kotim Temukan Sampah Industri dan Peternakan Ayam di Jalan Pelita Barat

Wabup Kotim Temukan Sampah Industri dan Peternakan Ayam di Jalan Pelita Barat

TINJAU LOKASI : ARIFIN/BERITA SAMPIT – Wabup Kotim didampingi Kepala DLH Kotim, Camat dan Sekcam MB Ketapang meninjau lokasi di Jalan Pelita Barat yang terdapat sampah berserakan.

SAMPIT – Fakta mengejutkan setelah turun lapangan melihat langsung kondisi sampah yang berserakan di Jalan Pelita Barat, Kelurahan Mentawa Baru (MB) Hilir, Kecamatan MB Ketapang, Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Irawati menemukan tumpukan sampah bukan hanya sampah rumah tangga saja.

“Saya melihat di sini tadi, selain sampah rumah tangga juga ada sampah industri, juga peternakan ayam, dan itu aromanya sangat menyengat,” ucap Irawati saat meninjau langsung ke lapangan, Selasa 28 Juni 2022.

Dia membenarkan mengapa pemilik tanah yang lahannya dijadikan tempat membuang sampah itu mengamuk, alasannya, menurut Irawati, karena aromanya sangat menyengat karena adanya sampah industri dan peternakan ayam.

“Benar memang ada protes dari masyarakat mengingat maunya seperti ini (menyengat) akan mengganggu kehidupan mereka sehari-hari,” ujar mantan anggota DPRD Kalteng ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotim H Machmoer menjelaskan bahwa jarak antara depo sampah dengan Jalan Pelita Barat itu tidaklah jauh atau hanya sekitar 2000 meter.

“Padahal depo sampah tidak jauh, bahkan apabila membuang ke depo sampah juga gratis, cuma kesadarannya saja yang kurang,” ujar mantan Kepala Dinas PUPR Kotim ini.

Camat MB Ketapang H Eddy H Setiadi menyarankan kepada masyarakat agar supaya mengupah petugas sampah untuk bayar per bulan. Tujuannya, kata dia, supaya sampah tidak lagi dibuang tidak pada tempatnya.

“Bayarnya disepakati bersama apakah per bulan atau per hari, mengenai sampahnya nanti diambil langsung ke rumah tiap hari atau dua hari sekali, tergantung kesepakatan bersama,” sarannya. (ifin/beritasampit.co.id).


Sumber: https://beritasampit.co.id/2022/06/28/wabup-kotim-temukan-sampah-industri-dan-peternakan-ayam-di-jalan-pelita-barat/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID