Viral Parpol Catut Nama Warga di Sipol, Bawaslu: Segera Lapor Posko Pengaduan

Viral Parpol Catut Nama Warga di Sipol, Bawaslu: Segera Lapor Posko Pengaduan

Jakarta

Viral di media sosial warganet mengeluhkan namanya dicatut oleh partai politik (parpol). Badan Pengawas Pemilu (Bawslu) pun meminta warga yang namanya dicatut segera melapor ke posko pengaduan.

Dilihat detikcom, Sabtu (3/9/2022), seorang warganet mencuit bukti NIK-nya dicatut oleh parpol. Dia mengatakan NIK-nya terdaftar di Sipol sebagai anggota Partai Keadilan dan Persatuan.

Hal itu dia ketahui setelah mengecek di laman info pemilu KPU. Padahal, katanya, dia tidak pernah mendaftar sebagai anggota parpol.

“Temen2 coba cek apakah namamu dicatut sebagai anggota parpol. Masa nama w terdaftar sebagai anggota Partai Keadilan dan Persatuan, dari mane,” tulis seorang warganet seperti dilihat detikcom.

Bawaslu Buka Suara

Terkait hal ini, Bawaslu mengimbau agar warga mengadukan hal ini ke posko pengaduan Bawaslu yang berada di setiap kabupaten/kota. Jika sudah melapor maka KPU akan menindaklanjuti laporan itu.

“Kawan-lawan bisa mengaduan ke posko pengaduan Bawaslu, posko pengaduan Bawaslu ada di setiap kabupaten/kota. Silakan adukan nomor NIK-nya berapa, nanti kita akan teruskan dan tindaklanjuti untuk KPU,” ujar Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Totok Hariyono kepada detikcom.

Totok mengatakan saat membuat laporan nantinya warga akan diminta membuat surat pernyataan. Isinya adalah pernyataan yang menegaskan bahwa dirinya bukan anggota atau pengurus partai manapun.

“Karena bisa jadi ini memang nggak dicatut, tapi dia daftarkan diri, kan bisa jadi seperti itu, karena itu perlu surat pernyataan. Itu juga berlaku bagi organ kita, anggota Bawaslu di daerah yang namanya juga dicatut. Silakan laporkan ke posko pengaduan,” tegas Totok.

Totok menjelaskan aksi pencatutan ini kemungkinan terjadi karena parpol itu jumlah anggotanya masih kurang dari persyaratan KPU. Sehingga parpol itu mencatut nama warga.

“Salah satu kelengkapan syarat parpol, bicara kepengurusan, dia harus punya keanggotaan sejumlah 1 per 1.000, atau 1.000 dari jumlah penduduk, misal 1.000, lalu hanya ada 199 kan kurang ya, tentu saja kepengurusan daerah dihapus, tidak memenuhi syarat sebagai peserta pemilu,” jelas Totok.

Simak Video ‘Warganet Keluhkan Namanya Dicatut Parpol, Bawaslu Buka Suara’:

[Gambas:Video 20detik]

(zap/hri)


Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6270404/viral-parpol-catut-nama-warga-di-sipol-bawaslu-segera-lapor-posko-pengaduan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID