Versi DLH Kotim, Diduga 5 Perusahaan Cemari Sungai Sampit Hingga Ikan Mati

Versi DLH Kotim, Diduga 5 Perusahaan Cemari Sungai Sampit Hingga Ikan Mati

SAMPIT – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Machmoer mengatakan bahwa kondisi Sungai Sampit, Kecamatan Mentaya Hilir Utara (MHU) tercemar ringan, sesuai dengan hasil pengujian laboratorium di Jakarta.

“Dari hasil pengujian lab di Jakarta Parameter BOD dan COD menunjukkan angka atas baku mutu, sehingga masuk dalam tercemar ringan,” kata Kadis DLH Machmur Selasa 2 Agustus 2022

Lanjutnya, berdasarkan indikator BOD (kebutuhan oksigen biokimiawi) baku mutu 3 hasil nya 16, dan COD baku mutu 25 hasilnya 65. “Jadi terlihat bahwa hasil ujian di atas angka baku mutu sehingga ini menjadi dasar bahwa Sungai smSampit tercemar ringan untuk saat itu,” tuturnya.

Tercemarnya sungai Mentaya Sampit tersebut, DLH menduga disebabkan oleh 5 perusahaan sawit di sekitar sungai yang jebol atau meluap, dimana banyak masyarakat pesisir sungai mengalami gatal-gatal serta ikan-ikan mati mendadak.

“Saat ini kami undang pihak Perusahaan Besar Sawit (PBS) serta pihak delegasi dari Adat, Camat, Polsek untuk bersama-sama membahas terkait persoalan ini dan mencari solusi agar kejadian tidak terulang terus menerus,” ungkapnya.

Untuk diketahui, tercemarnya Sungai Sampit terjadi pda tanggal 4 Juni 2022. Saat itu DLH menerima laporan dari Camat Mentaya Hilir Utara, melalui via pesan singkat terkait dengan adanya ikan-ikan yang mati di sungai tersebut dan daerah kemudian melakukan pengecekan di lokasi dan mengambil Sampel untuk diuji ke Jakarta.

“Kami meminta kepada PBS membantu masyarakat yang terkena dampak dari hal tersebut untuk segera diatasi. Kejadian pencemaran ini masih kerusakan ringan, jika kerusakan ringan ini menjadi kerusakan sedang maka kami akan melakukan tindakan tegas sesuai hukum yang berlaku,” pungkasnya.

(gus/matakalteng.com)


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2022/08/02/versi-dlh-kotim-diduga-5-perusahaan-cemari-sungai-sampit-hingga-ikan-mati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID