Usai Registrasi SIM Card, Data KPU Juga Dilaporkan Bocor?

Usai Registrasi SIM Card, Data KPU Juga Dilaporkan Bocor?

Jakarta, CNBC Indonesia – Kembali data masyarakat Indonesia dilaporkan berhasil didapatkan oleh hacker. Yakni data 105 juta masyarakat Indonesia terkait pemilihan umum berasal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Informasi ini diunggah oleh akun Bjorka pada 6 September 2022 pada forum breached.to. Unggahan itu berjudul Indonesia Citizenship Database From KPU 105M.

Data yang berhasil didapatkan adalah NIK, Kartu Keluarga, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, gender, hingga umur. Dalam data spoiler nampaknya data tersebut berasal dari wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Bjorka juga mengungkapkan terdapat 2 juta sampel gratis yang dibagikan. Untuk seluruh datanya, akun itu menjualnya seharga US$5.000 atau Rp 74,4 juta.

Pihak KPU sendiri sudah buka suara soal dugaan kebocoran dan penjualan data tersebut. Menurut Komisioner Betty Epsilon Idroos, data tersebut bukan yang dimiliki KPU.

“Setelah kami analisa, koding yang dilakukan dalam situs yang dimaksud bukan merupakan data yang dimiliki KPU,” kata Epsilon Idroos dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (7/9/2022).

Dia menambahkan masih melakukan koordinasi dengan tim satuan tugas keamanan siber KPU. Sistem informasi KPU juga dipastikan masih dalam keadaan kondusif.

Bjorka merupakan akun yang sama membagikan kebocoran data 1,3 miliar data registrasi sim card sebelumnya. Selain itu juga sempat mengunggah pesan kepada Kementerian Kominfo untuk berhenti menjadi idiot.

Data 1,3 miliar tersebut memiliki ukuran mencapai 87 GB dan dijual seharga US$500 ribu atau sekitar Rp 745,6 juta. Bjorka juga membagikan data sampel.

Pihak Kementerian Kominfo sendiri telah bertemu dengan berbagai pihak. Termasuk diantaranya operator seluler dan Dukcapil Kementerian Dalam Negeri membahas masalah dugaan kebocoran data SIM Card tersebut.

Dari 2.000.006 data sampel yang dibagikan disebutkan memiliki kemiripan dari 9% namun ada 15-20%. Namun data itu dilaporkan tidak sama.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Diksusi Internal TikTok Bocor, Sobat Donald Trump Raih Untung

(npb/roy)



Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220907083913-37-369906/usai-rigistrasi-sim-card-data-kpu-juga-dilaporkan-bocor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID