Upaya Minimalisasi Kasus KDRT dan Pernikahan Dini, Komisi A DPRD Kobar Kunker ke Katingan

Upaya Minimalisasi Kasus KDRT dan Pernikahan Dini, Komisi A DPRD Kobar Kunker ke Katingan

SAMPIT, Pangkalan Bun – Upaya meminimalisir angka kasus Kekerasaan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan tingginya perceraian di Kabupaten Kotawaringin Barat, maka Komisi B DPRD Kobar lakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Katingan. 

Ketua Komisi A DPRD Kobar Sri Lestari, Kamis, 17 November 2022 menjelaskan, kenapa pihaknya melakukan kunker ke Kabupaten Katingan, lantaran di kabupaten tersebut sudah terbentuk Perda pencegahan pernikahan anak di bawah umur.

“Di Katingan telah terbentuk Perda No 9 tahun 2018 tentang pencegahan perkawinan pada usia anak. Perda tersebut dianggap efektif untuk menekan kasus KDRT serra perceraian pada usia dini,” jelasnya.

Sri menjelaskan setelah dilakukan evaluasi dan kajian, tingginya kasus KDRT dan perceraian rata rata muncul akibat pernikahan usia dini.

“Lantaran pernikahan usia dini bila dipandang dari sisi psikologis serta sosiologis belum siap ketika di benturkan dengan masalah sosial yakni berkaitan dengan perekonomian,” jelasnya.

Karena, saat menikah pada usia yang belum matang secara psikologis, tentunya sangat berpengaruh ketika individu tersebut menghadapi masalah ekonomi.

“Ujung-ujungnya berakhir pada pertengkaran hingga KDRT. Bahkan juga bisa berujung pada perceraian. Hal ini yang tengah kita pelajari dari Kabupaten Katingan, karena kasus KDRT Dan perceraian di Kobar sangat tinggi,” ujarnya.




Sumber: https://www.borneonews.co.id//berita/283339-upaya-minimalisasi-kasus-kdrt-dan-pernikahan-dini-komisi-a-dprd-kobar-kunker-ke-katingan

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID