Unik! Ada Eduwisata Pengolahan Sampah di Jakarta Utara

Unik! Ada Eduwisata Pengolahan Sampah di Jakarta Utara

Pada Juni 2022 lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah yang di mana kegiatan ini dalam rangka membantu menangani persoalan sampah di Ibu Kota. Kegiatan ini ternyata direspons lebih jauh oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara yang ingin agar warganya lebih dapat memahami mengenai pengolahan sampah yang pihaknya lakukan serta bisa saja dicontoh di rumah masing-masing. Hal tersebut dilakukan melalui peresmian lokasi wisata edukasi atau eduwisata pengolahan sampah yang bisa dikunjungi oleh warga.

Lokasi eduwisata ini bertempat di Kantor Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Kelurahan Rawabadak Selatan, Kecamatan Koja. Peresmiannya sendiri langsung dihadiri Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim pada 21 September 2022. Ali mengungkapkan bahwa eduwisata ini merupakan realisasi dari arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait gerakan pengelolaan sampah. Oleh karena itulah, orang nomor satu di Jakarta Utara itu ingin ini menjadi bagian dari upaya mendorong inisiatif masyarakat untuk ikut dalam Gerakan Jakarta Sadar Sampah.

“Hari ini Sudin Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara membuat suatu lokasi terpadu dalam mengedukasi masyarakat terhadap Gerakan Jakarta Sadar Sampah. Mudah-mudahan ini menjadi niat yang baik yang memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujarnya sebagaimana dikutip dari Utara.Jakarta.go.id (21/9/2022).

Berdasarkan paparan dari Kepala Suku Dinas Jakarta Utara Achmad Hariadi, di lokasi eduwisata ini ada empat kategori destinasi wisata yang pengunjung bisa lihat bahkan mencoba untuk melakukannya. Pertama ada Destinasi Wisata Pengolahan Sampah Organik dengan kegiatanya terdiri dari pembuatan pupuk kompos, membuat eco-enzym, membuat cocopeat dari serabut kelapa, hingga mengolah sampah organik dengan memanfaatkan maggot.

[Baca Juga: Eduwisata Buah Hati di PIK Mangrove]

Kemudian destinasi wisata kedua adalah Wisata Edukasi Pengolahan Sampah Anorganik dan Residu. Di sini pengunjung akan diajarkan cara membuat pot tanaman dengan memanfaatkan kain serta galok, membuat produk kreatif dari bahan daur ulang, berinteraksi di taman saung yang terbuat dari daur ulang ban bekas, pembuatan tong sedekah sampah, pelatihan bangku dari eco-brick, Bank Sampah Berkah Mentari, hingga bagaimana mengubah puntung rokok jadi pestisida. Detinasi wisata ketiga ada Wisata Pengolahan Lingkungan dengan pengunjung diajak ke green house untuk urban farming, melihat rumah anggur, kolam ikan refleksi, belajar menanam tanaman buah dalam pot dan masih banyak lagi. Destinasi terakhir di eduwisata pengolahan sampah ini adalah Wisata Pengolahan Lingkungan dengan purwarupa Rumah Betawi Ramah Lingkungan dan taman bacaan hijau.


Sumber: https://pingpoint.co.id/berita/unik-ada-eduwisata-pengolahan-sampah-di-jakarta-utara/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID