Trenggiling diselamatkan saat nyasar ke samping rumah warga di Sampit – ANKT

Trenggiling diselamatkan saat nyasar ke samping rumah warga di Sampit – ANKT


Sampit (ANTARA) – Seekor trenggiling diselamatkan warga Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah yang menemukannya nyasar di samping rumah di Jalan Tidar Raya Gang Langsat IV Kelurahan Baamang Barat Kecamatan Baamang. 

“Kami dihubungi warga pada Jumat pukul 23.00 malam dari Bapak Santoso bahwa ada seekor trenggiling. Saat kami tiba, trenggiling itu diamankan warga agar tidak kabur, selanjutnya trenggiling langsung kami evakuasi,” kata personel Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotawaringin Timur, Didit di Sampit, Sabtu. 

Trenggiling yang memiliki nama latin ‘manis javanica’ termasuk satwa dilindungi karena sudah langka. Hewan pemakan semut dan rayap itu sangat rentan mati jika dipelihara manusia. 

Penemuan hewan yang sering diburu karena sisiknya diperjualbelikan itu langsung dilaporkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah Pos Sampit. Tim pun langsung datang ke markas Pemadam Kebakaran di kawasan Museum Kayu Sampit untuk mengevakuasi satwa langka tersebut. 

Komandan Jaga BKSDA Pos Sampit, Muriansyah mengatakan, trenggiling tersebut dalam kondisi sehat. Untuk itu sore harinya trenggiling tersebut langsung dilepasliarkan ke hutan di wilayah Kotawaringin Timur yang merupakan habitat aslinya. 

}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));


Sumber: https://kalteng.antaranews.com/berita/606061/trenggiling-diselamatkan-saat-nyasar-ke-samping-rumah-warga-di-sampit

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID