Tiga Kecamatan di Kotim Dilanda Banjir

Tiga Kecamatan di Kotim Dilanda Banjir

SAMPIT – Tiga Kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dilanda banjir, setelah hujan deras dengan waktu cukup lama mengguyur daerah tersebut. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, Rihel Migat mengatakan, hujan yang mengguyur dalam dua hari terakhir ini membuat sejumlah jalan dan rumah di beberapa di desa terendam air. 

“Kalau hujan terus mengguyur wilayah ini kemungkinan besar ketinggian air di sejumlah desa di beberapa kecamatan akan bertambah,” katanya, Senin, 5 September 2022.

Ketinggian air rata-rata 5-20 cm. Meski tidak ada rumah yang terendam, namun air permukaan jalan tidak terlihat. Sehingga membuat aktivitas warga di sejumlah desa tersebut mulai terganggu. 

Disebutnya tiga kecamatan yang saat ini sejumlah desanya terdampak banjir. Seperti di Ke kecamatan Tualan Hulu yaitu di Desa Merah, Luwuk Sampun dan Tumbang Mujam, di Kecamatan Mentaya Hulu yaitu Desa Palengkong, dan Kecamatan Parenggean, Desa Bajarau juga saat ini mulai terdampak banjir. 

“Kami berharap hujan tidak lagi mengguyur agar air dapat segera surut. Masalahnya kalau ada hujan lagi ketinggian air bisa mencapai 50 cm di daerah Hulu sana dan itu bisa masuk rumah,” ucap Rihel. 

Sementara Kades Bajarau Sukardi, mengungkapkan, ketinggian air yang merendam di desanya masih di bawah lutut kaki orang dewasa. “Dari 10 RT, ada 4 RT yang terdampak, yaitu RT 2,3,6 dan 8,” ungkapnya. 

Sedangkan jumlah warga yang terdampak ada sebanyak 30 KK. Disebutnya, wilayah yang terdampak itu memang rutin setiap tahunnya, lantaran berada di bantaran sungai. Sehingga saat hujan terus mengguyur air sungai akan meluap. 

“Karena air cukup tinggi, jadi warga berada di daerah banjir saat beraktivitas di luar menggunakan perahu. Sekarang memang warga masih bertahan di rumah, tapi kalau ada hujan lagi bisa tambah tinggi airnya dan masuk ke rumah, ini yang perlu diantisipasi,” tutupnya.

(dev/matakalteng.com) 


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2022/09/05/tiga-kecamatan-di-kotim-dilanda-banjir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID