Tidak Semua Fasilitas Kesehatan Boleh Melakukan Vaksinasi Covid-19, Kenapa?

Tidak Semua Fasilitas Kesehatan Boleh Melakukan Vaksinasi Covid-19, Kenapa?

SAMPIT – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Multazam K Anwar mengatakan bahwa pelaksanaan vaksin Covid-19 hanya dapat dilakukan oleh fasilitas kesehatan (Faskes) yang telah terdaftar di Kementerian Kesehatan. Sehingga tidak sembarang tempat atau orang bisa melakukan vaksinasi tersebut.

Di Kotim sendiri menurutnya ada sebanyak 22 fasilitas layanan kesehatan yang diperbolehkan atau direkomendasi untuk melakukan vaksinasi.

“Ada rangkaian ketat prosedur tetap terkait vaksinasi Covid-19. Pendaftaran, pemilihan atau penetapan fasilitas kesehatan, sms blast untuk tiket, sampai dengan sertifikat vaksin. Itu cuma bisa dikeluarkan oleh fasilitas layanan kesehatan yang ditunjuk Pemerintah,” kata Multazam K Anwar, Minggu 17 Januari 2021.

Sehingga ia menghimbau kepada masyarakat Kotim untuk waspada dan tidak sembarangan melakukan vaksin Covid-19, terutama jika ada oknum tenaga medis yang menawarkan penyuntikan vaksin.

Multazam juga meminta kepada masyarakat untuk menanti jadwal vaksinasi yang sudah direncanakan Pemerintah. Sebab untuk gelombang pertama yakni periode Januari-April 2021 ini Pemerintah memang sudah memprogramkan vaksinasi diprioritaskan kepada tenaga medis, petugas publik.

Sementara untuk gelombang kedua pada periode April 2021-Maret 2022 diperuntukkan pada masyarakat rentan yakni daerah dengan resiko penularan tertinggi. Juga masyarakat lainnya yakni pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

“Saya minta untuk masyarakat bersabar menunggu giliran mendapatkan vaksin. Jangan sembarangan melakukan vaksin secara mandiri karena hal itu diluar pantauan kami,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kotim dr Faisal Novendra Cahyanto menambahkan, fasilitas pelayanan yang boleh melakukan vaksinasi harus ditunjuk oleh Pemerintah. Dari 22 fasilitas layanan kesehatan yang direkomendasikan ditegaskan Faisal tidak ada satu pun merujuk ke tempat dokter praktek mandiri.

(dev/matakalteng.com)

The post Tidak Semua Fasilitas Kesehatan Boleh Melakukan Vaksinasi Covid-19, Kenapa? appeared first on Mata Kalteng.

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID