Tidak Ada Anggaran Khusus untuk Bantuan Banjir

Tidak Ada Anggaran Khusus untuk Bantuan Banjir

SAMPIT – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Sepnita menyebutkan, tidak ada alokasi anggaran khusus untuk bantuan terdampak banjir di wilayah Kotim, terutama wilayah selatan yang saat ini tengah dilanda banjir lantaran dampak dari pasang tinggi air sungai. 

“Anggaran untuk banjir tidak dialokasikan secara khusus tetapi untuk pengadaan, yang ada saat ini kita berusaha untuk mengcover bencana yang ada itu dengan bantuan sesuai anggaran yang tersedia,” katanya, Jumat 3 Juni 2022.

Terkait bantuan yang diharapkan petani di wilayah terdampak banjir, diungkapkan, pihaknya tengah melakukan identifikasi melalui petugas di lapangan. Diantaranya terkait bantuan yang diberikan dan apa saja yang dibutuhkan petani serta menghitung areal lahan yang terdampak. 

“Sementara ini kami belum menerima laporan itu, tapi sesuai arahan Wakil Bupati yang pertama dilakukan yakni penanganan banjir,” tandasnya.

Sementara bantuan utama yang diserahkan yaitu bibit tanaman hortikultura atau tanaman yang berusia pendek. Karena itu yang diharapkan para petani di wilayahnya seperti di desa Sumber Makmur Kecamatan Mentaya Hilir Utara (MHU). 

“Petani kita itu rata-rata menanam sayuran karena itu cepat menghasilkannya hanya waktu sekitar 30 hari sudah bisa dipanen. Jadi bantuan bibit sayuran yang kami berikan agar mereka bisa cepat kembali bercocok tanam saat banjir surut,” imbuhnya. 

Sedangkan pertanian yang terdampak banjir saat ini ada di tiga desa, yaitu Desa Bapeang dan Bapanggang Raya Kecamatan Mentawa Baru Ketapang (MBK) serta Desa Sumber Makmur (MHU). “Sebenarnya di MHU itu ada beberapa desa yang terdampak, daerah yang pertaniannya cukup luas itu ada di Sumber Makmur,” tutupnya. 

(dev/matakalteng.com) 


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2022/06/03/sepnita-tidak-ada-anggaran-khusus-untuk-bantuan-banjir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID