Tak Perlu Pakai KIS, Peserta Bisa Dapat Layanan BPJS Kesehatan Hanya Dengan KTP

Tak Perlu Pakai KIS, Peserta Bisa Dapat Layanan BPJS Kesehatan Hanya Dengan KTP

MADIUN – Layanan BPJS Kesehatan kini lebih mudah. Tidak perlu menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS), kini cukup dengan KTP saja peserta sudah bisa melakukan pendaftaran berobat di fasilitas kesehatan (faskes) pertama maupun faskes rujukan tingkat lanjutan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Madiun Henri Army Iriawan saat menggelar Media Gathering beberapa waktu lalu.

“Bagi masyarakat yang tidak bisa menunjukkan KIS atau KIS digital (JKN mobile) bisa menggunakan KTP saja,” ujarnya.

Sedangkan bagi peserta dengan usia di bawah 17 tahun bisa menggunakan KIA sebagai syarat pendaftaran berobat.

Pemberlakuan NIK sebagai identitas peserta program JKN-KIS ini selain sebagai upaya untuk peningkatan kualitas mutu layanan yang diberikan kepada peserta, juga bertujuan untuk mengimplementasikan kebijakan yang telah ditetapkan.

Adapun kebijakan yang dimaksud adalah Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas UU 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan, yang mengatur bahwa NIK menjadi nomor identitas tunggal untuk semua urusan publik.

Begitu pula, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan yang menyebutkan, nomor identitas tunggal berlaku untuk semua program jaminan sosial.

“Dengan pemberlakuan aturan ini diharapkan masyarakat lebih mudah mengakses layanan BPJS Kesehatan,” tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

.


Sumber: https://madiuntoday.id/2022/08/02/tak-perlu-pakai-kis-peserta-bisa-dapat-layanan-bpjs-kesehatan-hanya-dengan-ktp/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID