Tak Ingin JCH Kelelahan, Pemkab Kotim Berencana Sewa Pesawat ke Banjarmasin

Tak Ingin JCH Kelelahan, Pemkab Kotim Berencana Sewa Pesawat ke Banjarmasin

Sampit, kalselpos.com – Jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalimantan Tengah yang berjumlah 91 orang harus menempuh perjalanan lebih dari 10 jam untuk mencapai Embarkasi Syamsudin Noor Kalimantan Selatan.

Hal itulah yang membuat Bupati Kotim Halikinnor berpikir untuk menyewa pesawat untuk memberangkatkan JCH dari Sampit menuju Embarkasi Syamsudin Noor. Harapannya agar jamaah tidak kelelahan di perjalanan.

“Mulai tahun depan kita upayakan carter pesawat sehingga jamaah tidak kelelahan. Akan kita siapkan anggarannya. Kalau memungkinkan, kepulangan jamaah tahun ini kita upayakan bisa naik pesawat. Tapi tergantung nanti kita koordinasi dengan maskapai dulu,” kata Halikinnor di Sampit, Selasa (14/6).

Bupati Halikinnor menyampaikan janji itu saat pelepasan JCH asal Kotim di aula rumah jabatan bupati. Seremonial dilakukan lebih awal, sedangkan keberangkatan JCH menuju Embarkasi Syamsudin Noor rencananya dilaksanakan pada Kamis (16/6) pukul 16.00 WIB.

JCH asal Kotim sebanyak 91 orang, terdiri dari 51 laki-laki dan 40 perempuan. Calon haji tertua berusia 64 tahun, sedangkan termuda berusia 22 tahun. Keduanya sama-sama berasal dari Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

Jamaah akan diberangkatkan menggunakan tiga bus. Mereka dijadwalkan akan beristirahat sejenak di tiga lokasi, sekaligus melaksanakan shalat.

Untuk itulah bupati memerintahkan jajarannya untuk mengevaluasi ini. Dia berharap selanjutnya JCH diberangkatkan dan pulang tidak lagi lewat jalur darat, tetapi menggunakan pesawat.

“Nanti kita alokasikan anggarannya. Makanya ini kita koordinasikan dulu dengan maskapai, apakah ada pesawatnya atau sepeti apa,” ujar Halikinnor.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kotim Elly Saputra mengatakan, sebelumnya tercatat ada 94 orang calon haji yang akan diberangkatkan dari Kotim, namun tiga orang berhalangan sehingga tersisa 91 orang.

“Kami berpesan, tolong jaga kekompakan antar jamaah dan petugas. Jaga kesehatan. Utamakan ibadah wajib, dari pada sunat. Patuhi aturan dan jaga nama baik negara,” katanya

Elly Saputra menyebutkan, hingga saat ini masih ada 5.200 orang daftar tunggu calon haji di Kabupaten Kotim. Untuk itu, sangat bersyukur mereka yang mendapat giliran berangkat haji tahun ini, apalagi setelah tertunda dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com


Sumber: https://kalselpos.com/2022/06/15/tak-ingin-jch-kelelahan-pemkab-kotim-berencana-sewa-pesawat-ke-banjarmasin/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID