Tabanan Tunggu Instruksi Penerapan Beli Migor Pakai PeduliLindungi

Tabanan Tunggu Instruksi Penerapan Beli Migor Pakai PeduliLindungi

Tabanan

Rencana pemerintah mewajibkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi dalam pembelian minyak goreng (migor) curah rakyat (MGCR) akan disosialisasikan pada minggu depan. Terkait kebijakan itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tabanan mengaku belum mengetahui informasi lebih lanjut mengenai ketentuan penerapannya.

“Belum ada informasi lebih lanjut kepada kami. Belum ada suratnya (dari pusat),” kata Kepala Disperindag Tabanan, I Putu Santika, Sabtu (25/6/2022).

Meski begitu, ia menyebutkan beberapa subdistributor minyak goreng curah di Tabanan sudah ada yang menerapkan ketentuan menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) saat melakukan pembelian.



“Sudah ada (beberapa). Tapi itu tergantung agennya (subdistributornya). Ada yang sudah menerapkan seperti itu, ada juga yang belum,” sebutnya.

Menurutnya, beberapa agen juga ada yang menerapkan penggunaan NIK atau KTP untuk membeli minyak goreng curah dengan menyertakan surat pernyataan bermaterai. Baik kepada konsumen rumah tangga atau usaha kecil seperti pemilik warung.

Selain untuk memastikan status konsumen, penggunaan NIK, KTP, serta surat pernyataan bermaterai itu hanya sekali. Sehingga dalam pembelian berikutnya, pembeli sudah tercatat sebagai member dari subdistributor itu sendiri.

Menurut Santika, upaya penjualan minyak goreng curah juga sudah melibatkan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes. Cara itu dilakukan untuk mempersingkat rantai distribusi ke masyarakat. Secara tidak langsung, lanjutnya, peran BUMDes di masing-masing desa bisa dimaksimalkan.

“Kalau BUMDes harganya lebih ditekan. Karena langsung dari agen ke BUMDes. Kalau dulu melalui sekian tanga. Dampak baiknya BUMDes bergerak, sejauh ini baru beberapa BUMDes yang jalan. Sesuai rapat di awal, semua BUMDes membantu mempersingkat distribusi minyak goreng curah. Tapi berapa yang sudah menindaklanjuti, nanti kami cek lagi,” pungkasnya.

Ia menambahkan, keikutsertaan BUMDes pada rantai distribusi cukup efektif membuat harga minyak goreng curah terjangkau sesuai harga eceran tertinggi (HET). “Karena harga pembelian (dari BUMDes) bisa lebih ditekan. Kurang lebih di kisaran Rp 13.600 per liter. Penjualannya ke masyarakat di desa bisa disesuaikan dengan HET,” pungkasnya.

Simak Video “Ilmuwan China Sebut Telinga Tengah Manusia Berevolusi dari Insang Ikan
[Gambas:Video 20detik]
(irb/irb)


Sumber: https://www.detik.com/bali/berita/d-6146567/tabanan-tunggu-instruksi-penerapan-beli-migor-pakai-pedulilindungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID