Stok Sapi Potong di Sampit Menipis dan Diperkirakan Habis dalam Sebulan Ini

Stok Sapi Potong di Sampit Menipis dan Diperkirakan Habis dalam Sebulan Ini

SAMPIT, Sampit – Stok sapi potong di Sampit, Kotawaringin Timur, menipis. Hingga saat ini yang masuk daftar potong Rumah Potong Hewan (RPH) di kota itu hanya bersisa 100 ekor sapi. 

“Jumlah itu hanya untuk memenuhi permintaan daging sapi selama sebulan,” kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha, UPTD Rumah Potong Hewan Dinas Pertanian Kotim, Salimin, Jumat 13 Mei 2022. 

Kondisi ini terjadi tak lain karena adanya penghentian pasokan sapi dari luar Kalimantan Tengah akibat adanya wabah penyakit mulut dan kuku di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. 

Sapi potong yang ada saat ini merupakan sisa dari yang didatangkan sebelum Idulfitri tadi dari kedua daerah tersebut. 

Parahnya lagi berdasarkan hasil survei dinas pertanian, saat ini di wilayah Kotawaringin Timur juga ditemukan gejala penyakit serupa. 

Sebelumnya Dinas Pertanian Kotawaringin Timur, mengaku menemukan gejala klinis mirip PMK pada sejumlah sapi ternak di daerah itu, namun hingga kini belum dipastikan karena masih menunggu hasil uji sampel. (USAY NOR RAHMAD/B-11)




Sumber: https://www.borneonews.co.id//berita/263620-stok-sapi-potong-di-sampit-menipis-dan-diperkirakan-habis-dalam-sebulan-ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID