Stok Sapi Potong di Sampit Ditahan hingga Iduladha

Stok Sapi Potong di Sampit Ditahan hingga Iduladha

SAMPIT, Sampit – Stok sapi potong di Sampit, Kotawaringin Timur, kini menipis. Sebagian pedagang sapi memutuskan untuk menahan stok untuk penjualan saat Hari Raya Iduladha nanti. 

“Sapi yang ada sekarang ini untuk persiapan kurban, karena tahun ini tidak mencukupi untuk permintaan itu,” kata Dayat, salah satu pengurus tempat penggemukan sapi di Jalan HM Arsyad, Sampit, Kotawaringin Timur, Sabtu, 14 Mei 2022. 

Sebelum adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang merebak di Jawa Timur dan Jawa Tengah saat ini, biasanya sebulan sebelum lebaran sudah mendatang ribuan ekor sapi. 

“Kalau sekarang sepertinya tidak bisa lagi. Kalau toh dibolehkan sapi harus dikarantina selama 14 hari dan pengiriman bisa berbulan-bulan,” katanya. Sedangkan stok yang ada saat ini merupakan sisa saat mendatangkan sebelum Idulfitri tadi.

Selain untuk keperluan kurban, untuk keperluan konsumsi per hari saja saat ini diperkirakan kurang. Informasi UPTD Rumah Potong Dinas Pertanian Kotim, saat ini hanya tersisa 100 ekor sapi. Jumlah ini diperkirakan akan habis dalam sebulan ke depan. 

“Setidaknya kami berupaya untuk membantu masyarakat, khususnya umat Islam untuk dapat melaksanakan ibadah kurban,” tutupnya. (USAY NOR RAHMAD/B-11)




Sumber: https://www.borneonews.co.id//berita/263673-stok-sapi-potong-di-sampit-ditahan-hingga-iduladha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID