Sosialisasi Beli Minyak Goreng dengan…

Sosialisasi Beli Minyak Goreng dengan…

Selasa, 28 Juni 2022 – 17:42 WIB

Ilustrasi: salah satu titik pedagang minyak goreng curah di Pasar ACC Ampenan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

ntb.jpnn.com, MATARAM – Dinas Perdagangan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mulai menyosialisasikan pembelian minyak goreng dengan aplikasi PeduliLindungi.

Sebagaimana yang telah diberitakan, kebijakan pemerintah terkait pembelian minyak goreng curah harus melalui aplikasi PeduliLindungi atau nomor induk kependudukan (NIK).

Dengan begitu, masyarakat bisa membeli minyak goreng curah sesuai harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kilogram.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Mataram Uun Pujianto mengatakan, sosialisasi pembelian minyak goreng curah dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau NIK itu dilakukan selama dua minggu sekaligus dilakukan uji coba.

“Harapannya, setelah sosialisasi dan uji coba pembelian minyak goreng curah dengan aplikasi PeduliLindungi atau NIK selama dua minggu ini, ke depan bisa diterapkan permanen di sejumlah pasar tradisional,” katanya, Selasa (28/6).

Menurutnya, kebijakan pembelian minyak goreng curah dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau NIK diterapkan pemerintah untuk membatasi pembelian, antisipasi penyelewengan minyak, serta pengendalian harga karena hingga saat ini harga minyak goreng curah di pasar tradisional rata-rata masih di atas Rp 18.000 per kilogram.

“Karena itu, pembelian minyak goreng curah dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau NIK, bisa sesuai HET, lebih terkontrol dan tepat sasaran dengan maksimal pembelian 10 kilogram,” katanya.

Kendati penerapan pembelian minyak goreng curah dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi di pasar tradisional cukup berat sebab rata-rata pedagangnya sudah ibu-ibu yang tidak punya aplikasi apalagi ponsel android.

Dalam sosialisasi membeli minyak goreng dengan aplikasi PeduliLindungi, mak-mak di Mataram mengeluh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News


Sumber: https://ntb.jpnn.com/ntb-terkini/1537/sosialisasi-beli-minyak-goreng-dengan-pedulilindungi-mak-mak-di-mataram-mengeluh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID