“Kami tetap menyoroti kinerja dalam hal pelayanan. Tentu ini juga berdasarkan keluhan-keluhan yang disampaikan masyarakat kepada kami, serta pantauan ketika kami turun ke lapangan,” kata Dadang di Sampit, Selasa.
Menurut Dadang, kondisi gedung dan peralatan kesehatan di puskesmas tentu sangat tergantung ketersediaan anggaran. Namun terkait pelayanan, ini lebih pada etos kerja dokter dan tenaga kesehatan dalam melayani masyarakat.
Ketua Fraksi PAN ini menilai, tenaga medis dan tenaga kesehatan diharapkan menjalankan sumpah dan janji profesi mereka dalam melayani masyarakat secara ikhlas. Mereka wajib memberikan pelayanan terbaik di tengah risiko kelelahan dan lainnya.
Selama ini masih sering muncul keluhan masyarakat terkait petugas di rumah sakit maupun puskesmas yang kurang ramah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Selain itu, disiplin tenaga medis dan tenaga kesehatan juga harus ditingkatkan. Jangan sampai masyarakat kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan, terlebih bagi mereka yang tinggal di perdesaan.
Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama harus menjadi yang terdepan dalam melayani masyarakat. Perannya sangat penting dalam memberikan pertolongan pertama menyelamatkan masyarakat.
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));
Sumber: https://kalteng.antaranews.com/berita/564309/soroti-pelayanan-di-puskesmas-ini-saran-legislator-kotim