Simak! 6 Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan Pakai NIK KTP

Simak! 6 Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan Pakai NIK KTP

Jakarta, CNBC Indonesia – Nomor peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau BPJS Kesehatan kini dapat dengan mudah dicek menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Nomor BPJS Kesehatan terbilang penting diketahui karena bisa digunakan untuk mengecek layanan kesehatan, mengecek tagihan iuran, hingga membayar iuran. Oleh sebab itu, nomor ini penting diketahui meski mudah di cek dengan NIK baik secara online maupun offline.

Mengutip laman resmi BPJS Kesehatan, Kamis (19/1/2023), ada beberapa cara mengecek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK KTP. Berikut Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan Dengan NIK:

1. SMS

BPJS Kesehatan telah menyediakan layanan SMS Gateaway untuk memudahkan peserta mendapatkan informasi melalui pesan singkat. Caranya sangat mudah, hanya tinggal ketik NIK (spasi) NIK dan kirim ke nomor 087775500400.

2. Aplikasi Mobile JKN

Anda juga bisa mengecek nomor BPJS Kesehatan melalui NIK dengan mengunduh aplikasi mobile JKN di Google Play Store atau App Store. Caranya hanya tinggal buka aplikasi dan login, kemudian pilih menu peserta, dan pilih jenis kartu yang digunakan untuk pengecekan.

3. WhatsApp

Selain SMS Gateway dan Aplikasi Mobile JKN, Anda juga bisa menyediakan layanan pelayanan administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA) di aplikasi WhatsApp. Sebelumnya, peserta perlu mencari tahu terlebih dahulu nomor PANDAWA kantor cabang BPJS terdekat.

4. Call Center

Peserta juga dapat menghubungi call center BPJS Kesehatan untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK KTP. Anda bisa langsung menghubungi call center 24 jam BPJS Kesehatan di nomor 165.

5. Kantor Cabang Terdekat

Jika ingin mengecek secara offline, Anda juga bisa mengecek langsung nomor BPJS Kesehatan dengan mendatangi kantor cabang terdekat.

6. Media Sosial

Terakhir, Anda bisa mengecek nomor BPJS Kesehatan dengan menggunakan akun resmi media sosial perusahaan.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Tarif Resmi BPJS Kesehatan yang Berlaku Mulai November 2022

(mij/mij)



Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/mymoney/20230119110104-72-406714/simak-6-cara-cek-nomor-bpjs-kesehatan-pakai-nik-ktp

Leave a Reply

Copyright © 2023 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID