Siap-siap, Pendaftaran PPK-PPS Dibuka 22-29 November

Siap-siap, Pendaftaran PPK-PPS Dibuka 22-29 November

MATARAM-Pendaftaran PPK-PPS rencananya dibuka pada 22-29 November 2022. Sedangkan pengumuman atau sosialisasi akan disampaikan secara resmi pada 16 November. Hal ini mengacu pada PKPU nomor 8 tahun 2022 tentang Pembentukan dan Tata Kerja badan Adhoc Pemilu dan Pilkada.

Namun berkaca dari pengalaman rekrutmen Panwascam yang telah lebih dahulu dilaksanakan, Bawaslu mengimbau pada masyakarat mulai mengecek identitas diri. Terutama keterlibatannya dalam partai politik (parpol), baik sebagai pengurus ataupun anggota. “Sebab kalau sudah jadi anggota parpol haknya untuk mendaftar menjadi penyelenggara pemilu gugur,” kata Ketua Bawaslu NTB Itratip, ditemui di ruang kerjanya, kemarin (14/11).

Pengecekan dapat dilakukan melalui layanan yang disediakan KPU yakni di laman infopemilu.kpu.go.id. Selanjutnya publik dapat mengikuti arahan yang ada sampai penginputan nomor NIK.

“Kalau tidak terdaftar sebagai anggota parpol di Sipol berarti bisa mengikuti tahapan berikutnya, tapi kalau ternyata terdaftar sebagai anggota Parpol dapat menghubungi Desk Help KPU dan Bawaslu untuk mengusulkan penghapusan, kalau merasa tidak pernah menjadi anggota parpol,” terangnya.

Pada saat rekrutmen Panwascam sedikitnya 50 peserta terhambat prosesnya karena namanya terdaftar menjadi anggota parpol. Sehingga proses mengikuti seleksi menjadi lebih panjang karena harus mengusulkan penghapusan oleh Parpol yang mengklaimnya sebagai anggota.

“Mumpung sekarang belum tahapan, segera cek NIK, jadi masih ada waktu untuk mengusulkan penghapusan, karena yang harus menghapus di Sipol adalah parpol terkait,” ujarnya.

Dikatakannya pengecekan ini sangat penting. Jangan sampai hak mereka gugur sebagai Adhoc karena kekeliruan input oleh parpol. “Karena ini masih ada waktu kita mendorong dan mengingatkan pada masyakarat sekali lagi yang punya niatan jadi PPK dan PPS untuk segera memastikan diri tidak terikat pada parpol manapun,” tekannya.

Terinputnya warga menjadi anggota parpol tidak semata karena kasus pencatutan. Bisa saja yang bersangkutan pernah terlibat dalam aktivitas parpol tertentu. Sehingga namanya masih terdata dan terinput sebagai anggota.

Sekalipun Itratip juga tak menampik banyak juga kasus pencatutan nama warga oleh Parpol. Seperti yang banyak ditemui ketika proses verifikasi faktual (verfak). “(Terkait pencatutan) memang kita berharap publik harus semakin peduli dengan banyaknya temuan di lapangan,” dorongnya.

Terpisah, Ketua KPU Kota Mataram M Husni Abidin menyatakan kesiapannya melakukan rekrutmen anggota PPK dan PPS. Prosesnya akan berlangsung dari pertengahan bulan ini sampai Januari 2023. “Yang tidak diperbolehkan itu dari anggota parpol, jadi anggota Adhoc harus independen,” tekannya. (zad/r2)

 

 

 

 




Sumber: https://lombokpost.jawapos.com/politika/16/11/2022/siap-siap-pendaftaran-ppk-pps-dibuka-22-29-november/

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID