Sejumlah Kawasan di Kotawaringin Timur Terendam Banjir

Sejumlah Kawasan di Kotawaringin Timur Terendam Banjir

image_print

Realitarakyat.com – Sejumlah kawasan di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, terendam banjir, akibat hujan deras sejak pagi hingga sore yang terjadi hampir merata di daerah itu.

“Banjir akibat sungai meluap sehingga di sekitar jembatan km 12 Kecamatan Parenggean itu tidak bisa dilewati,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Timur, Rihel di Sampit, Minggu (4/9).

Banjir yang terjadi hari ini cukup deras dan lama. Di Sampit, hujan deras terjadi sekitar pukul 09.00 WIB dan reda sekitar pukul 16.00 WIB. Sekitar pukul 17.00 WIB, hujan kembali mengguyur.

Hujan deras dan cukup lama ini membuat sejumlah jalan dan kawasan permukiman di Sampit terendam. Bahkan beberapa rumah warga yang bangunannya cukup rendah, tidak luput dari banjir.

Warga yang beraktivitas juga terpaksa berhati-hati saat melintasi jalan yang terendam banjir seperti di Jalan Tjilik Riwut, Jalan Christopel Mihing, Jalan HM Arsyad serta beberapa jalan permukiman.

Banjir cukup parah terjadi di Kecamatan Parenggean hingga membuat lalu lintas terputus akibat banjir yang cukup dalam. Pengendara tidak berani menerobos lantaran banjir cukup dalam dan berarus cukup deras.

Banjir juga memutus lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman arah menuju Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat. Bahkan ada sebuah mobil yang terseret ketika hendak menerobos banjir tersebut.

“Banjir yang di Jalan Jenderal Sudirman itu masuk wilayah Seruyan,” ujar Rihel.

Lebih jauh Rihel mengatakan, semakin seringnya banjir diduga juga dipengaruhi faktor lain seperti pendangkalan dan menyempitnya sungai. Sementara untuk di kawasan dalam Kota Sampit, banjir juga diduga turut dipengaruhi kondisi penurunan permukaan tanah.

Sementara itu berdasarkan peringatan dini Stasiun Meteorologi BMKG Haji Asan Sampit, hampir seluruh kecamatan di Kotawaringin Timur diprediksi dilanda hujan. Masyarakat diminta mengantisipasi dampak yang mungkin muncul bersamaan cuaca buruk tersebut.




Sumber: https://realitarakyat.com/2022/09/sejumlah-kawasan-di-kotawaringin-timur-terendam-banjir/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID