SDS Anwar Karim VI binaan PT Maju Aneka Sawit raih penghargaan Adiwiyata Nasional – ANKT

SDS Anwar Karim VI binaan PT Maju Aneka Sawit raih penghargaan Adiwiyata Nasional – ANKT

Sampit (ANTARA) – Prestasi gemilang diraih Sekolah Dasar Swasta (SDS) Anwar Karim VI binaan perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Maju Aneka Sawit (MAS) – Musim Mas Group di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dengan meraih penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional 2022.

“Ini tentu menjadi capaian membanggakan kita semua. Ini tidak terlepas dari dukungan dan pembinaan manajemen PT Maju Aneka Sawit yang menaungi Yayasan Anwar Karim VI. Terima kasih juga atas dukungan pemerintah daerah,” kata Kepala SDS Anwar Karim VI, Irma Handayani Surbakti di Sampit, Selasa. 

Adiwiyata (Green School) atau sekolah hijau merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Program ini bertujuan untuk mendorong terciptanya pengetahuan serta juga kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup.

Berdasarkan Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata dijelaskan bahwa sekolah Adiwiyata merupakan sekolah yang peduli serta berbudaya lingkungan. Program Adiwiyata dilaksanakan untuk dapat mewujudkan sekolah yang peduli serta juga berbudaya lingkungan

Tahun ini SDS Anwar Karim VI merupakan salah satu sekolah yang diberi penghargaan Adiwiyata Nasional 2022. Piagam penghargaan tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor: SK.1176/MENLHK/P2SDM/SDM.2/11/2022. 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI memberikan penghargaan kepada SDS Anwar Karim VI, sekolah yang berlokasi di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional 2022. 

Piagam penghargaan tertanggal 24 November 2022 itu ditandatangani Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya. Penghargaan itu berlaku sampai dengan November 2026.

Kepala SDS Anwar Karim VI Irma Handayani Surbakti (dua kanan) berfoto dengan penerima penghargaan lainnya saat HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional ke-28 di halaman kantor bupati pada Sabtu (3/12/2022) lalu. ANTARA/HO-PT MAS




Piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Bupati Irawati kepada kepala sekolah. Penyerahan piagam dilaksanakan saat upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional ke-28 di halaman kantor bupati pada Sabtu (3/12) lalu. 

“Kami mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih ini. Kami berharap ini bisa menjadi motivasi bagi pihak sekolah untuk meningkatkan prestasi, serta bagi sekolah-sekolah lain di Kotawaringin Timur untuk terus meningkatkan kemampuan sehingga mampu berprestasi,” ujar Irawati. 

General Manager PT Maju Aneka Sawit, Suhendry mengaku senang atas prestasi yang ditorehkan SDS Anwar Karim VI. Capaian ini menunjukkan bahwa kualitas sekolah yang berada di areal perkebunan kelapa sawit tersebut mampu bersaing dengan sekolah lain, bahkan ke tingkat nasional. 

“PT Maju Aneka Sawit sangat serius dalam mendukung bidang pendidikan. Makanya kami berusaha semaksimal mungkin melengkapi sarana dan prasarana di sekolah ini agar proses belajar dan mengajar bisa maksimal karena berpengaruh terhadap kualitas pendidikan,” kata Suhendry. 

Suhendry menambahkan, SDS Anwar Karim VI bukan hanya untuk anak-anak karyawan perusahaan tersebut, tetapi juga warga desa sekitar perusahaan. Ini juga bagian dari realisasi program “corporate social responsibility” (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat, khususnya pada bidang pendidikan. 

PT Maju Aneka Sawit akan terus mendorong peningkatan kualitas pendidikan di SDS Anwar Karim VI. Dukungan ini wujud kontribusi perusahaan ini membantu upaya peningkatan kualitas pendidikan yang berujung pada peningkatan sumber daya manusia masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur. 

}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));


Sumber: https://kalteng.antaranews.com/berita/610799/sds-anwar-karim-vi-binaan-pt-maju-aneka-sawit-raih-penghargaan-adiwiyata-nasional

Leave a Reply

Copyright © 2023 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID