Puskesmas Penyahuan Belum Punya Tenaga Dokter 

Puskesmas Penyahuan Belum Punya Tenaga Dokter 

SAMPIT – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Penyahuan Kecamatan Bukit Santuai Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sampai dengan saat ini masih belum mempunyai tenaga dokter. Hal ini menjadi perhatian pemerintah daerah setempat. 

“Kami sampaikan bahwa saat ini, Puskesmas Tumbang Penyahuan ini belum mempunyai tenaga dokter, baik dokter umum maupun dokter gigi,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotim, Umar Kaderi, Rabu 25 Januari 2023.

Sehingga untuk kasus-kasus tertentu ditangani dengan konsultasi ke dokter di dinas kesehatan melalui telepon atau dirujuk ke puskesmas Kuala Kuayan Kecamatan Mentaya Hulu atau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Murjani Sampit.

“Puskesmas itu juga belum mempunyai tenaga kesehatan masyarakat. Sementara ini layanan terkait kesehatan lingkungan, promosi kesehatan dan surveilans ditangani oleh tenaga perawat dan bidan yang telah mendapatkan pelatihan atau on the job training,” imbuhnya. 

Oleh sebab itu, Puskesmas Penyahuan ini salah satu yang menjadi perhatian utama pemerintah daerah. Selain kurangnya tenaga medis dokter, juga letak daerah yang cukup jauh dari ibu kota. Sehingga jika memerlukan waktu tempuh lama. 

“Di sana harus lengkap sebenarnya, karena tempatnya jauh. Kalau ada pasien yang urgent bisa langsung ditangani sebelum dirujuk. Makanya ini menjadi perhatian kami, segera mungkin melengkapinya,” ucap Umar. 

Diketahui, Puskesmas Tumbang Penyahuan ini juga merupakan puskesmas non perawatan, namun tetap menyediakan layanan one day care atau pelayanan perawatan satu hari, terutama untuk ibu bersalin. Hal ini mutlak dilaksanakan di setiap puskesmas, sebagai antisipasi untuk kasus yang memerlukan perawatan sementara, sebelum dirujuk atau diperbolehkan pulang.

(dev/matakalteng.com) 


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2023/01/25/puskesmas-penyahuan-belum-punya-tenaga-dokter

Leave a Reply

Copyright © 2023 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID