Potensi pajak di perdesaan Kotim perlu dioptimalkan – ANTARA News Kalimantan Tengah

Potensi pajak di perdesaan Kotim perlu dioptimalkan – ANTARA News Kalimantan Tengah


Sampit (ANTARA) – Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Hendra Sia menilai, potensi pajak daerah di perdesaan bisa dioptimalkan untuk membantu mendongkrak pendapat asli daerah (PAD). 

“Potensinya khususnya dalam hal PBB (pajak bumi dan bangunan). Di desa juga banyak objek pajak seperti tanah, gedung walet dan lainnya,” ujar Hendra Sia di Sampit, Rabu. 

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menetapkan target PAD tahun 2022 di daerah ini sebesar Rp184.619.561.000. Perlu kerja keras untuk mencapai target tersebut di tengah pemilihan ekonomi yang sedang dalam masa pemilihan akibat pandemi COVID-19. 

Langkah awal yang perlu dilakukan dalam optimalisasi pajak daerah adalah memperbarui data wajib pajak dan potensi pajak yang ada. Dengan begitu akan diketahui seberapa besar potensinya. 

Upaya lain yang harus dilakukan adalah memberi kemudahan bagi wajib pajak untuk memenuhi kewajibannya membayar pajak daerah. 

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) harus turun ke desa-desa untuk mendata dan menetapkan objek pajak. Bapenda juga disarankan memfasilitasi pendaftaran wajib pajak sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke kantor Bapenda di Sampit. 

}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));


Sumber: https://kalteng.antaranews.com/berita/562505/potensi-pajak-di-perdesaan-kotim-perlu-dioptimalkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID