Perpanjangan Landasan Bandara H Asan Sampit dan Tol Sungai Disetujui Menteri Perhubungan

Perpanjangan Landasan Bandara H Asan Sampit dan Tol Sungai Disetujui Menteri Perhubungan

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor didampingi Sekda Kotim Fajrurrahman saat mengikuti pertemuan bersama Menhub RI, Budi Karya Sumadi di Kemenhub RI Jakarta, Rabu (3/8/2022). ANTARA/HO-Pemkab Kotim

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), telah menemui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membuahkan hasil dengan disetujuinya usulan landasan Bandara Haji Asan Sampit serta didukungnya program tol sungai.

“Alhamdulillah, Menhub memberikan dukungan penuh untuk alur (tol sungai) dan pengembangan landasan pacu Bandara H Asan Sampit. Menhub juga menyetujui perpanjangan landasan pacu sepanjang 200 meter. Ini sangat bermanfaat bagi kita,” kata Bupati Kotim Halikinnor dihubungi dari Sampit, Kamis 4 Agustus 2022.

Bupati Halikinnor didampingi Sekretaris Daerah Fajrurrahman, Direktur PT Alur Mentaya Sejahtera (anak perusahaan BUMD Habaring Hurung), Ahmad Zabidi, dan KSOP Sampit. Pertemuan dilaksanakan di kantor Kementerian Perhubungan di Jakarta.

Dalam kesempatan itu Halikinnor memaparkan usulan perpanjangan landasan pacu Bandara Haji Asan Sampit dan program tol sungai yang sedang dijalankan pemerintah daerah.

Perpanjangan landasan bandara diperlukan untuk pengembangan agar pesawat berbadan lebar bisa mendarat di Bandara Haji Asan Sampit. Meningkatnya aktivitas penerbangan akan sangat mendukung perekonomian dan investasi di daerah.

Program lain yang disampaikan adalah program tol sungai yang sedang diupayakan. Program ini diharapkan bisa direalisasikan dengan pengerukan alur sungai sehingga Sungai Mentaya bisa dilalui 24 jam penuh.

Saat ini alur Mentaya hanya bisa dilalui saat sungai sedang kondisi pasang. Jika bisa dilalui 24 jam penuh maka dampaknya diyakini sangat besar karena distribusi barang dan jasa semakin lancar.

Pemerintah daerah meminta dukungan Kementerian Perhubungan karena kedua program itu merupakan kewenangan kementerian tersebut. Selain itu, besarnya biaya yang diperlukan akan menyulitkan pemerintah daerah jika tanpa didukung pemerintah pusat.

Halikinnor mengaku sangat bersyukur karena usulan tersebut didukung penuh oleh Menteri Perhubungan. Menteri Budi Karya Sumadi menyarankan pemerintah daerah segera menyampaikan usulan perizinan yang diperlukan.

Pemerintah daerah berharap dukungan itu bisa terealisasi. Dengan begitu transportasi udara dan laut di daerah ini meningkat signifikan dan berdampak pada perekonomian daerah.

“Program tol sungai ini sebagai upaya Pemkab Kotim untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Mudah-mudahan ini bisa segera terlaksana,” demikian Halikinnor.

(ANTARA)




Sumber: https://beritasampit.co.id/2022/08/04/perpanjangan-landasan-bandara-h-asan-sampit-dan-tol-sungai-disetujui-menteri-perhubungan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID