Perekaman KTP di Lapas, Disdukcapil: Banyak Napi yang Menolak

Perekaman KTP di Lapas, Disdukcapil: Banyak Napi yang Menolak

benuanta.co.id, NUNUKAN – Disdukcapil Nunukan telah dua kali melakukan jemput bola pembuatan dan penerbitan KTP di Lapas Kelas II B Nunukan, namun tidak semua warga binaan lapas mau melakukan perekaman dan penertiban KTP.

Sekretaris Disdukcapil Nunukan, Mesak Adianto menyampaikan penertiban KTP terkendala lantaran penghuni Lapas Kelas II B Nunukan yang tidak punya NIK dan banyak tahanan yang tidak berkenan didata dan melakukan perekaman KTP.

“Justru mereka banyak yang tidak mau untuk diterbitkan KTP-nya, kalau kita selagi mereka punya NIK dan mereka mau melakukan perekaman e-KTP pasti kita akan terbitan KTP-nya,” ujar Mesak kepada benuanta.co.id, Jumat (24/6/2022).

Dijelaskan Mesak, saat ini Disdukcapil Nunukan baru bisa memfasilitasi sekitar 50% dari total jumlah Narapidana Lapas Nunukan yang belum mempunyai NIK, selebihnya yang sudah punya NIK namun belum update.

“Banyak yang tidak mau, mungkin mereka merasa malu atau takut data dirinya sebagai napi terekspos makanya mereka menolak untuk dilakukan perekaman,” ungkapnya.

Mesak mengungkapkan, pihaknya tidak bisa memaksakan para tahanan tersebut untuk melakukan perekaman KTP karena itu adalah hak mereka.

“Hak setiap penduduk itu mempunyai dokumen kependudukan, sedangkan kita punya kewajiban untuk memberikan dokumen kependudukan namun bagaimana kalau mereka yang memang tidak mau, kita tidak bisa memaksakan mereka,” jelasnya.

Menurut Mesak, jika saja para tahanan berkenan dilayani, Disdukcapil bisa saja mengambil sidik jari dan iris mata mereka untuk melihat data perekaman yang sudah terdata akan tetapi para tahanan tidak semuanya berkenan.

“Kita bisa saja cek, kalau yang sudah pernah melakukan perekaman e-KTP pasti bakalan muncul datanya jadi bisa langsung diterbitkan, cuman kendalanya hanya itu, mereka yang tidak mau.” pungkasnya. (*)

Reporter: Novita A.K
Editor: Matthew Gregori Nusa


Sumber: https://benuanta.co.id/index.php/2022/06/24/perekaman-ktp-di-lapas-disdukcapil-banyak-napi-yang-menolak/79593/14/16/41/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID