Penduduk Pekanbaru Bertambah 11 Ribu Jiwa Dalam 6 Bulan Terakhir

Penduduk Pekanbaru Bertambah 11 Ribu Jiwa Dalam 6 Bulan Terakhir

Riauaktual.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, mencatat saat ini jumlah penduduk Kota Pekanbaru sebanyak 1.085.000 jiwa. Jumlah ini terhitung dari Januari hingga Juni, atau sesuai data konsolidasi bersih semester I tahun 2022.

Dibandingkan tahun lalu jumlah penduduk Kota Pekanbaru bertambah sebanyak 11 ribu jiwa dari semula yang hanya 1.074.000 jiwa.

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Irma Novrita menjelaskan, setiap tahun dilakukan penghitungan jumlah penduduk sebanyak dua kali sesuai adminitrasi kependudukan yang tercatat pada Disdukcapil. Data yang diperoleh disebut Data Konsolidasi Bersih atau DKB.

“Data Konsolidasi Bersih atau DKB itu data yang NIK -nya sudah tunggal dan tidak ada masalah. Semisal NIK yang sama tidak tercatat lagi di daerah lain atau KTP lain atau yang biasa disebut NIK ganda,” terang Irma Novrita, Jumat (21/10).

Setiap tahunnya, untuk semester I penghitungan Data Konsolidasi Bersih atau DKB dimulai dari Januari hingga Juni. Sementara untuk DKB II dari Juni hingga Desember.

Irma memperkirakan pada DKB semester II nanti ada kemungkinan jumlah penduduk Kota Pekanbaru kembali akan bertambah. Mengingat banyaknya permohonan adminitrasi kependudukan masuk ke Kota Pekanbaru yang diajukan oleh mereka yang akan menetap di Pekanbaru.

“Untuk yang masuk rata-rata 100 permohonan setiap hari yang diterima oleh Disdukcapil, sedangkan untuk yang keluar sekitar 65 permohonan setiap hari,” pungkasnya. 




Sumber: https://riauaktual.com/news/detail/84377/penduduk-pekanbaru-bertambah-11-ribu-jiwa-dalam-6-bulan-terakhir

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID