Penanganan Pangan Yang Aman Perlu Dilakukan

Penanganan Pangan Yang Aman Perlu Dilakukan

SAMPIT – Guna menjamin kesehatan masyarakat,  penanganan pangan yang aman perlu terus dilakukan. Hal ini diucapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Umar Kaderi, Senin 8 Agustus 2022.

Pangan yang aman, terbebas dari zat atau bahan yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Berbagai upaya diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan fisika yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia.

“Pada Tahun 2019, data kejadian luar biasa (KLB) keracunan pangan yang dihimpun BPOM menunjukkan tempat terjadinya KLB keracunan pangan tertinggi yaitu di tempat tinggal, sebanyak 26 kejadian atau 33,8%. Disusul dengan Lembaga Pendidikan dengan 12 kejadian atau 15,6%,” sebutnya. 

Adapun kata Umar, urutan jenis makanan yang diduga menyebabkan keracunan pangan tertinggi adalah masakan rumah tangga sebanyak 31 kejadian (40,3%). Hal ini menunjukkan bahwa penanganan pangan yang aman perlu terus dilakukan.

“Tentu harus didukung dengan pemberdayaan masyarakat demi mewujudkan terciptanya konsumen cerdas yang dapat melindungi dirinya sendiri, keluarga maupun komunitas masyarakat dari ancaman produk makanan yang tidak memenuhi syarat,” ujarnya.

Berdasarkan dengan data-data tersebut kata Umar, maka Dinkes Kotim menyelenggarakan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Keamanan Pangan sebagai upaya untuk menghindarkan masyarakat dari jenis pangan yang berbahaya bagi kesehatan.

“Yaitu yang tercermin dari meningkatnya pengetahuan dan kesadaran produsen dan konsumen terhadap mutu dan keamanan pangan, sesuai peraturan perundang-undangan yang ada,” sebutnya.

(dia/matakalteng.com)


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2022/08/08/penanganan-pangan-yang-aman-perlu-dilakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID