Penambahan armada jadi solusi penanganan sampah di Sampit – ANTARA News Kalimantan Tengah

Penambahan armada jadi solusi penanganan sampah di Sampit – ANTARA News Kalimantan Tengah


Sampit (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah berencana menambah armada berupa truk pengangkut dan alat berat untuk menangani permasalahan sampah di Sampit yang masih sering dikeluhkan masyarakat. 

“Mudah-mudahan keuangan kita memungkinkan di APBD Perubahan nanti, kita akan pengadaan loader (alat berat pengangkat material), minimal satu di Kecamatan Ketapang dan satu di Baamang karena efektivitas dengan alat itu untuk membuat sampah lebih cepat dan lebih maksimal diangkut,” kata Bupati Halikinnor di Sampit, Kamis. 

Halikinnor meninjau aktivitas pengangkutan sampah di depo sampah di Jalan Tatar didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Machmoer. Dia juga berdiskusi dengan sejumlah petugas depo setempat sekaligus memberikan bonus kepada mereka. 

Menurutnya penanganan sampah memang memerlukan perhatian serius. Hal ini menjadi tantangan bagi pemerintah daerah karena dihadapkan pada keterbatasan armada dan personel, sementara volume sampah setiap harinya terus meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk, salah satunya ditandai terus bertambahnya perumahan. 

Penambahan armada dan fasilitas menjadi keharusan yang menjadi prioritas untuk efektivitas pengangkutan sampah. Sementara itu petugas tetap diperlukan untuk operasional dan pengaturan sehingga sampah tidak sampai berhamburan di kawasan depo dan menimbulkan bau. 

Dinas Lingkungan Hidup juga diarahkan bersinergi dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan untuk pembersihan rutin areal depo. Tujuannya agar depo sampah bukan hanya untuk tempat membuang sampah, tetapi juga nyaman dikunjungi. 

}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));


Sumber: https://kalteng.antaranews.com/berita/577413/penambahan-armada-jadi-solusi-penanganan-sampah-di-sampit

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID