Pemprov Kalteng berharap pasar murah di Sampit turut tekan inflasi – ANKT

Pemprov Kalteng berharap pasar murah di Sampit turut tekan inflasi – ANKT


Sampit (ANTARA) – Pasar murah yang digelar di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur disambut antusias masyarakat dan diharapkan mampu turut menekan laju inflasi di provinsi ini. 

“Inflasi Kalteng saat ini sudah menembus di angka 6,79 persen. Artinya peringatan bagi kita bagaimana menjaga daya beli masyarakat, salah satunya melalui pasar murah ini,” kata Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Leonard S Ampung di Sampit, Selasa. 

Leonard bersama sejumlah pejabat Pemprov Kalteng diantaranya Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan, Hortikultura Dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalimantan Tengah Riza Rahmadi dan lainnya mewakili Gubernur Sugianto Sabran memantau pasar murah yang digelar di Taman Kota Sampit. 

Pemerintah Provinsi Kalteng bersama Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menggelar pasar murah untuk pengendalian inflasi. Beberapa komoditas yang dijual diantaranya beras, telur, bawang merah, cabai rawit, minyak goreng, ikan dan gula. 

Ratusan warga langsung berebut membeli berbagai bahan pokok sesuai kebutuhan mereka. Petugas cukup kewalahan mengatur karena warga berdesakan karena takut kehabisan barang yang ingin mereka beli. 

Penjualan ada yang menggunakan kupon untuk sistem paket sembako, ada pula per item bahan pokok. Untuk per paket sembako, nilai setiap paket Rp100.000 tapi hanya dijual Rp50.000 karena disubsidi pemerintah. 

Untuk bahan pokok yang dijual per item, harganya juga lebih murah dibanding di pasaran karena ada subsidi angkutan oleh pemerintah. Selain itu, penjualan langsung oleh distributor sehingga harganya lebih murah. 

Leo mengatakan, hari ini pasar murah digelar di dua daerah yaitu Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kuala Kapuas Kabupaten Kapuas. Untuk di Sampit, ada 3.000 paket yang dijual melalui pasar murah di tiga lokasi yaitu Taman Kota Sampit, kantor Kecamatan Baamang dan kantor Kelurahan Ketapang. 

}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));


Sumber: https://kalteng.antaranews.com/berita/588517/pemprov-kalteng-berharap-pasar-murah-di-sampit-turut-tekan-inflasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID