Pemkab Kotim semakin gencar dorong keterbukaan informasi di desa – ANKT


Sampit (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah semakin gencar mendorong keterbukaan informasi publik di setiap instansi hingga ke desa, terlebih setelah upaya yang dilakukan selama ini mendapat apresiasi dengan diraihnya penghargaan keterbukaan informasi badan publik. 

“Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat di dalam sambutannya ada bal yang menarik bagi pemerintah kabupaten, yaitu bagaimana upaya ini pada tingkatan desa menjadi terbuka dalam hal informasi,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kotawaringin Timur, Multazam di Sampit, Jumat. 

Menurutnya, arahan Komisi informasi Pusat terkait masalah tersebut selaras dengan program dan kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin. Saat ini pemerintah daerah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mendampingi dua desa yang menjadi nominasi Desa Antikorupsi. 

Dia desa yang menjadi percontohan Desa Antikorupsi tersebut yaitu Desa Beringin Tinggal Jaya dan Desa Mekar Jaya Kecamatan Parenggean. 

Ada tiga kabupaten di Kalimantan Tengah yang diberi kesempatan mengusulkan masing-masing dua desa percontohan antikorupsi, yaitu Barito Selatan, Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur. Nantinya ada tiga desa yang dipilih dan ditetapkan menjadi percontohan Desa Antikorupsi di Kalimantan Tengah. 

Diskominfo Kotawaringin Timur terlibat dalam program ini karena salah satu indikator penilaiannya adalah website desa. Hal ini berkaitan dengan transparansi pemerintahan desa dalam hal keterbukaan informasi publik, khususnya pengelolaan keuangan desa. 

Pembuatan dan pengelolaan website desa inilah yang menjadi kompetensi Diskominfo untuk turut mengawal. Kebetulan, dua desa yang diusulkan tersebut merupakan desa yang telah difasilitasi Diskominfo dalam pengelolaan informasi desanya. 

“Keterbukaan informasi ini mudah-mudahan bisa berjalan paralel sesuai arahan bupati kepada kami untuk terus memacu dan terus bekerja maksimal agar keterbukaan informasi ini bisa menjadi lebih baik dan lebih bagus,” tambah Multazam. 

}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));


Sumber: https://kalteng.antaranews.com/berita/607193/pemkab-kotim-semakin-gencar-dorong-keterbukaan-informasi-di-desa

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID