Pemkab Kotim periksa kualitas air telusuri dugaan pencemaran di Sungai Sampit – ANTARA News Kalimantan Tengah

Pemkab Kotim periksa kualitas air telusuri dugaan pencemaran di Sungai Sampit – ANTARA News Kalimantan Tengah


Sampit (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah bergerak cepat menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait dugaan tercemarnya Sungai Sampit Kecamatan Mentaya Hilir Utara dengan mengambil sampel air untuk diperiksa kualitasnya. 

“Sejak kemarin dan hari ini peninjauan di lokasi dan mendatangi beberapa perusahaan yang memiliki pabrik kelapa sawit untuk mengambil sampel air di bawah, atas dan tengah Sungai Sampit,” kata Wakil Bupati Irawati di Sampit, Senin. 

Sungai Sampit menjadi sumber air bagi masyarakat beberapa desa yaitu Desa Natai Baru, Rongkang dan Ramban atau Bagendang Tengah. Warga menduga sungai tersebut tercemar limbah karena ditemukan banyak ikan mati di sungai itu. 

Irawati mengaku turun langsung menindaklanjuti dugaan pencemaran air Sungai Sampit atas perintah Bupati Halikinnor. Dia didampingi Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Joni Parwoto dan Camat Mentaya Hilir Utara Muslih. 

Tim dari Dinas Lingkungan Hidup mengambil sampel air di beberapa titik. Sampel air akan dikirim ke Jakarta untuk diperiksa karena Kotawaringin Timur belum memiliki laboratorium untuk pemeriksaan kualitas air tersebut. 

Diperkirakan memerlukan waktu satu bulan untuk mengetahui hasil pemeriksaan sampel air tersebut. Sembari menunggu hasil itu, upaya-upaya lain juga dilakukan, yakni dengan mendatangi perusahaan-perusahaan perkebunan yang memiliki pabrik kelapa sawit di kawasan itu. 

}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));


Sumber: https://kalteng.antaranews.com/berita/566869/pemkab-kotim-periksa-kualitas-air-telusuri-dugaan-pencemaran-di-sungai-sampit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID