Pemkab Kotim Kirim Relawan Bantu Penanganan Korban Banjir di Kalsel

Pemkab Kotim Kirim Relawan Bantu Penanganan Korban Banjir di Kalsel

SAMPIT – Bencana banjir yang dialami masyarakat di Kalimantan Selatan (Kalsel) saat ini mengundang kepedulian semua pihak. Pemkab Kotim mengirim relawan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Palang Merah Indonesia (PMI) berangkat langsung ke lokasi banjir untuk memberikan bantuan.

Kepala BPBD Kotim M. Yusuf, MT mengatakan, pihaknya telah melakukan pelepasan tim pagi ini untuk berangkat ke Kalsel.

“Kami melepas tim bantuan darurat bencana banjir ke Kalsel tadi pagi pukul 09.25 WIB,” ujarnya, Sabtu 16 Januari 2021.

Yang berangkat yakni Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kotim sebanyak 5 personil yaitu Yephi Hartady, Agus Puadi, Supianoor, Purwadi, Ediman Syahrir dan Tim PMI Kotim Syahrifendy, Sabit Witanto, Mulyadi, Andriansyah, Julkansyah, M Sidik dan Rofilah Akbar.

“Tim berangkat membawa bantuan personil evakuasi, perahu karet, pelampung, pakaian, obat-obatan, menuju PMI provinsi di Palangkaraya membawa mobil box, tangki air bersih, perahu karet,” ungkapnya.

Selanjutnya tim akan bergabung dengan BPBD dan PMI Kalsel ke lokasi yang membutuhkan bantuan, tim ditugaskan tanpa batas waktu, tahap pertama selama 1 minggu dan jika berlanjut akan bergantian dengan tim yang baru.

Sementara itu salah seorang personel PMI Kotim Julkansyah mengatakan, banjir yang terjadi di beberapa wilayah Kalimantan Selatan saat ini membuatnya di tetapkan status tanggap darurat bencana.

“Setelah mendapat informasi tersebut PMI Kotim segera berkoodinasi dengan lintas sektor, dan menyatakan siap membantu, memobilisasi personil, dan sarana peasarana pendukung,” ujarnya.

Dikatakannya juga, setelah mendapatkan persetujuan dari semua pihak maka hari ini di lepas secara langsung oleh Ketua Bidang PB PMI Kotim sekaligus Kalak BPBD Kotim.

“Mobilisasi armada yakni 1 unit ambulans triton dengan 7 personel,” bebernya.

Adapun peralatan atau perlengkapan lainnya yang pihaknya bawa yakni, tas kid PP, obat-obatan 2 dus, pakaian layak pakai 12 karung, 7 life jaket, 7 kotak masker, tandu spinal board 1 buah, kompor lapangan, beberapa gelas dan piring, 5 pcs hazamat, handscoon 1 box, 3 lembar terpal, 1 kantong jenazah dan perlengkapan lainnya.

“Pihak lain yang terlibat yakni BPBD Kotim yang juga membawa 1 unit doble cabin, 1 unit single cabin, 1 unit perahu karet, serta perlengkapan lainnya,” tutupnya.

(dia/matakalteng.com)

The post Pemkab Kotim Kirim Relawan Bantu Penanganan Korban Banjir di Kalsel appeared first on Mata Kalteng.

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID