Pemkab Kotim janji perjuangkan guru kontrak menjadi PPPK – ANKT

Pemkab Kotim janji perjuangkan guru kontrak menjadi PPPK – ANKT


Sampit (ANTARA) –


Sebuah janji disampaikan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan kepada para guru, khususnya yang berstatus tenaga kontrak, yakni memperjuangkan mereka untuk diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN) dengan status pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). 

“Kami membantu saat pengangkatan PPPK tetapi ada tahapan-tahapan yang harus mereka lalui. Tidak serta merta langsung diangkat. Ada penilaian kinerja juga. Tapi intinya kami kalau (kewenangan) di daerah, kita akan meluluskan semua. Tergantung mereka saat mengikuti tes yang dilaksanakan oleh pusat,” kata Wakil Bupati Irawati di Sampit, Sabtu. 

Hal itu disampaikan Irawati saat menjadi inspektur upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional ke-28 di halaman kantor bupati. Upacara diikuti ratusan guru dari perwakilan 17 kecamatan di Kotawaringin Timur. 

Mendengar pernyataan itu, para guru yang hadir. Meski janji itu ditujukan bagi guru berstatus tenaga kontrak, namun kegembiraan juga ditunjukkan para kepala sekolah dan guru lainnya yang sudah berstatus pegawai negeri sipil (PNS). 

Menurut Irawati, penegasan itu merupakan bagian komitmen Bupati Halikinnor bersama dirinya. Pemerintahan pasangan Halikinnor dan Irawati atau disingkat Harati, sangat memperhatikan bidang pendidikan, termasuk nasib para guru. 

Saat ini Kotawaringin Timur masih kekurangan guru, terlebih di perdesaan. Keberadaan guru yang ada saat ini pun sebagian masih berstatus guru kontrak daerah dan honorer sekolah yang dibiayai dari dana bantuan operasional sekolah (BOS). 

Nasib para guru kontrak perlu perhatian karena mereka hanya mendapat gaji sekitar Rp2 juta. Bahkan ada guru honorer sekolah yang hanya digaji Rp500.000 dengan pembayaran pertiga bulan. 

}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));


Sumber: https://kalteng.antaranews.com/berita/608907/pemkab-kotim-janji-perjuangkan-guru-kontrak-menjadi-pppk

Leave a Reply

Copyright © 2023 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID