Pemkab Kotim Berlakukan Pembatasan Jam Operasional Angkutan Barang

Pemkab Kotim Berlakukan Pembatasan Jam Operasional Angkutan Barang

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) mulai memberlakukan pembatasan jam operasional kendaraan angkutan barang yang melintas dalam Kota Sampit.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishb) Kotim Johny Tangkere mengatakan pemberlakuan pembatasan jam operasional itu berdasarkan Undang – Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan yang tujuannya adalah terwujudnya pelayanan lalu lintas dan angkutan jalan yang aman, selamat, tertib, lancar.

“Dan juga sebagai upaya dalam meminimalisir kerawanan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan angkutan barang,” katanya, Selasa 6 September 2022.

Pasalnya sampai saat ini, kendaraan – kendaraan angkutan barang masih melintasi ruas –ruas jalan di dalam Kota Sampit. Mengingat ruas jalan lingkar selatan masih dalam tahap perbaikan dan belum bisa dilintasi.

Oleh sebab itu, untuk meminimalisir kerawanan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak sekolah / pelajar serta
masyarakat khususunya pada jam keberangkatan anak sekolah/pelajar dan jam sibuk masyarakat di tetapkan pembatasan Jam Operasional Lintasan Angkutan Barang Khusunya Angkutan Galian C (Tanah, Pasir Uruk), CPO, TBS, Kontainer dan Kendaraan Pengangkut Alat Berat, agar tidak melintasi ruas – ruas jalan dalam Kota Sampit.

“Pada pukul 06.00 – 07.30 Wib dan 12.00 – 14.00 Wib kendaraan tersebut kami larang melintas dalam kota. Kami  juga melakukan penjagaan di sejumlah titik,” sebutnya.

Ada tiga titik penjagaan yang menjadi fokus pihaknya yaitu simpang tiga lingkar Utara menuju Jalan Cilik Riwut, Bundaran Belanga dan Jalan Pramuka serta Bundaran KB. lantaran wilayah tersebut sebagai pusat masuknya kendaraan besar ke dalam kota.

“Penjagaan dilakukan dua sesi yaitu pagi dan siang. Semoga dengan adanya pemberlakuan pembatasan jam operasional ini kecelakaan di daerah kita, khususnya dalam kota dapat berkurang. Warga yang mengantarkan atau menjemput anaknya sekolah juga tidak terlalu khawatir lagi, karena tidak adanya kendaraan besar masuk kota,” tutupnya.

(dev/matakalteng.com)


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2022/09/06/pemkab-kotim-berlakukan-pembatasan-jam-operasional-angkutan-barang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID